Menu

Eits! Bukannya Sehat, Ini 4 Dampak Buruk Minum Air Dingin saat Cuaca Ekstrem! Kamu Sudah Tahu Belum?

10 Mei 2023 09:20 WIB

Ilustrasi seseorang minum air es (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Saat cuaca sedang panas ekstrem, ternyata minum air dingin bukanlah pilihan yang dibenarkan lho. Padahal, hal ini seringkali menjadi pilihan banyak orang karena dinilai sangat menyegarkan namun siapa sangka bisa sangat berbahaya!

Dikatakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Bekasi, dr. Melisa Diah Puspitasari, Sp.PD bahwa air dingin sama seperti air biasa karena saat masuk ke tubuh akan jadi netral karena lebih dulu melewati sistem pencernaan, sehingga suhunya akan disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

"Namun ini bukan berarti minum air dingin selamanya aman untuk tubuh, karena air dingin tetap bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan apabila dikonsumsi terlalu sering baik dalam cuaca panas atau normal, terutama jika Anda memiliki alergi pada suhu dingin," jelas dr. Melisa melalui keterangan yang dilansir dari sindikasi konten suara.com, Rabu (10/5/2023).

Berikut ini beberapa dampak buruk minum air dingin saat cuaca panas ekstrem yang dharus diwaspadai menurut dr. Melisa.

1. Batuk

Aair dingin menyebabkan lendir di dalam saluran pernapasan menebal dan mengeras. Ini membuat tenggorokan menjadi terasa gatal dan akhirnya menyebabkan batuk.

2. Flu

Suhu dingin yang disebabkan air dingin dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. Meski tak menyebabkan flu secara langsung, air dingin bisa memperburuk kondisi dan menghambat proses penyembuhan lho Moms.

3. Sakit Tenggorokan

Saat cuaca panas tubuh menjadi lebih rentan untuk terinfeksi panas dalam atau radang tenggorokan, dan mengonsumsi air dingin bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan.

Ini karena air dingin dapat memperburuk iritasi di tenggorokan, sehingga bisa memperlambat proses penyembuhan saat terinfeksi radang tenggorokan.

Minuman dingin dengan es batu di dalamnya juga perlu diperhatikan dari sisi kebersihannya. Harus dipastikan bahwa es yang diminum berasal dari air matang atau layak untuk diminum.

"Bila es batu tersebut berasal dari air mentah tentu saja akan mengandung banyak kuman penyakit yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan, infeksi saluran nafas atas ataupun diare," papar dr. Melisa.

4. Sakit Kepala

Sering minum air dingin juga dipercaya menyebabkan sakit kepala melalui sebuah penelitian melibatkan 669 perempuan, terutama pada orang yang rentan terkena migrain atau nyeri kepala sebelah.

"Air dingin juga dapat mengganggu sensitivitas gigi Anda dan menyebabkan rasa ngilu yang bisa berujung menjadi sakit kepala," tutup dr. Melisa.

Artikel Pilihan