Menu

Biar Gak Jadi Sumber Penyakit, Ini 3 Cara Terbaik Meramu Kopi untuk Kesehatan Tubuh! Cuss Langsung Coba!

10 Mei 2023 14:35 WIB

Biji Kopi (Sumber/Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Kini, kopi menjadi salah satu minuman yang sangat disukai banyak orang karena memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, perlu diingat bahwa hal ini hanya berlaku jika kopi dikonsumsi dengan cara yang benar.

Menyadur Alodokter.com melalui sindikasi konten Suara.com ikuti 3 cara terbaik meramu kopi agar bermanfaat bagi kesehatan yuk Beauty!

1. Biji Kopi Organik

Pilihan biji kopi organik akan memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik bagi tubuh. Biji kopi organik biasanya ditanam tanpa menggunakan bahan kimia seperti pestisida, insektisida, atau pupuk sintetis. Ini membuat biji kopi organik lebih sehat dan bebas dari residu kimia yang dapat merusak kesehatan.

2. Menambahkan Bahan Alami

Kopi hitam murni tak hanya dapat meningkatkan konsentrasi dan energi, tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan manfaatnya adalah dengan menambahkan bahan alami seperti kayu manis, jahe, atau coklat hitam.

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar gula darah, sedangkan jahe dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Sementara itu, coklat hitam mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung lho Beauty.

3. Diramu secara Tepat

Metode pembuatan kopi juga mempengaruhi manfaatnya bagi kesehatan. Metode pembuatan kopi yang paling populer adalah seduh dengan air panas. Namun, ada beberapa metode lain seperti metode cold brew atau french press yang juga dapat meningkatkan manfaat kesehatannya. Metode cold brew, misalnya, dapat menghasilkan kopi dengan kadar asam lebih rendah namun kaya rasa yang lebih lembut.

Ketika mengonsumsi kopi, pastikan tak melebihi dosis yang disarankan karena konsumsi kopi yang berlebihan dapat memberikan dampak bagi kesehatan tubuh seperti sulit tidur, rentan sakit kepala, dan peningkatan kadar kolesterol. Selain itu, pilih waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi agar tak mengganggu kualitas tidur dan aktivitas sehari-hari. Biasanya di pagi hari dan menjelang sore hari.

Dengan menerapkan 3 cara di atas, kopi yang diseduh akan menjadi lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kamu juga dapat menikmati rasa kopi yang lebih nikmat dan berkualitas. Pastikan mengonsumsi kopi dengan bijaksana ya Beauty!

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan