Menu

Minum Manis Bisa Bikin Naik Berat Badan? Intip 5 Tips Diet ini Saat Cuaca Panas!

10 Mei 2023 16:50 WIB

Ilustrasi diet. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Depok —

Cuaca panas di Indonesia adalah siklus panas yang biasa terjadi setiap tahun akibat dari gerak semu matahari. Akibatnya, terjadi kenaikan suhu udara panas pada periode tertentu setiap tahunnya.

Secara klimatologis, bulan April-Juni merupakan bulan di mana suhu panas mencapai puncaknya, selain Oktober-November.

Sehingga pemerintah menganjurkan agar masyarakat dapat menjaga kesehatan di tengah cuaca panas. Seperti mencukupi asupan air dan memakai sunscreen untuk melindungi kulit.

Sayangnya, saat cuaca panas keinginan untuk mengonsumsi minuman dingin dan manis lebih tinggi dari biasanya. Hal tersebut bisa memicu seseorang mengalami kenaikan berat badan.

Suhu yang tinggi juga dapat mempengaruhi tingkat kebugaran tubuh. Dikutip dari food.ndtv.com, Beauty bisa menerapkan beberapa tips diet saat cuaca panas untuk menjaga kesehatan dan menghindari naiknya berat badan.

1. Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Saat cuaca panas, kita perlu memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Caranya adalah minum air putih dengan cukup.

Cairan dalam tubuh berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Selain itu, kadar cairan yang cukup juga dapat memastikan fungsi tubuh berjalan lancar.

Minum air secara cukup dapat membantu detoksifikasi tubuh dan mempercepat metabolisme yang membuat berat badan lebih terjaga.

Selain itu, Beauty disarankan memilih minuman yang mengandung elektrolit, seperti jus mentimun atau air kelapa. Jus mentimun dan air kelapa bisa membantu menggantikan cairan yang hilang dan mengembalikan keseimbangan tubuh dengan baik.

2. Konsumsi Makanan Probiotik

Makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt bisa menjaga kesehatan bakteri baik di dalam usus dan mencegah masalah pencernaan.

Mengonsumsi makanan probiotik dapat memberikan efek mendinginkan tubuh dan membuat tubuh terasa lebih ringan.

Makanan probiotik juga dapat membantu menjaga tingkat energi tubuh. Kandungan kalsium serta protein di dalamnya juga baik untuk kesehatan tubuh.

3. Konsumsi buah dan sayur dengan kadar air tinggi

Saat cuaca panas, sebaiknya mengonsumsi buah dan sayuran yang memiliki kandungan air lebih tinggi, seperti mentimun, semangka, dan melon.

Buah dan sayuran yang mengandung banyak air bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Pencernaan yang sehat berperan penting dalam menurunkan berat badan.

4. Konsumsi rempah-rempah yang tepat

Selain mengatur asupan makanan dan minuman, Beauty juga harus memperhatikan penggunaan bumbu pada masakan. Hindari bumbu-bumbu seperti bawang putih, cabai, dan jahe yang memiliki efek penghangat pada tubuh.

Lebih baik menggantinya dengan rempah-rempah lain seperti jintan, ketumbar, atau daun mint. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, rempah-rempah pilihan tersebut juga dapat dijadikan sebagai ramuan sederhana.

Dengan menambahkan air atau teh, ramuan rempah-rempah ini dapat menjadi minuman detoksifikasi yang membantu pencernaan dan menurunkan berat badan.

5. Konsumsi mangga dalam jumlah yang tepat

Mangga dianggap buah yang ideal dikonsumsi saat musim panas. Beberapa orang berpikir bahwa mangga bisa menambah berat badan, tapi sebenarnya mangga masih bisa dimasukkan ke dalam pola diet.

Kandungan serat pada mangga dapat membantu membuat perut kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi nafsu makan berlebihan.

Gimana Beauty, tertarik mencoba pola diet sehat seperti di atas?

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah