Menu

Butter dan Margarin Serupa tapi Tak Sama, Mana Sih yang Lebih Sehat?

11 Mei 2023 11:30 WIB

Ilustrasi Perbedaan Mentega dan Mentega Putih, (Google/pop.grid.id)

HerStory, Jakarta —

Tentu saja gaya hidup sehat adalah dambaan semua orang kan Beauty? Bahkan, dokter selalu menyarankan setiap orang agar memilih makanan yang tepat untuk kelangsungan hidup yang lebih baik.

Kini, salah satu hal bahan makanan yang mirip dan sering dipertanyakan adalah lebih sehat memakai margarin atau butter?

Ternyata, para ahli mengatakan bahwa butter tak sehat karena kandungan lemak jenuh yang tak baik. Karena itu, ilmuwan makanan membuat margarin, yang terbuat dari minyak sayuran, sehingga dianggap lebih sehat.

Sedangkan, pembuatan margarin melalui proses yang disebut hidrogenasi. Proses hidrogenasi mengubah minyak sayuran dalam bentuk cairan menjadi padat di suhu ruangan.

Namun, penelitian kemudian menemukan bahwa lemak trans,  yang terkandung dalam margarin dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL dan menurunkan kadar kolesterol baik HDL lho Moms.

Lalu, diantara keduanya mana yang lebih sehat? Sebenarnya tak ada yang 100% sehat antara keduanya. Hanya saja kamu bisa menyesuaikan penggunaannya dalam diet harian.

Kamu bisa mencari margarin dengan kandungan rendah lemak dan kembali mengecek bahan-bahan yang tertera di kemasan margarin yang mengandung sebagian minyak hidrogenasi.

Sedangkan, ketika membeli butter usahakan kamu memilih yang di label kemasannya tertera 'grass-fed', jika memungkinkan ya!

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza