Menu

Gak Perlu Beli Lip Care Mahal! Cukup Manfaatkan 5 Bahan Alami Ini untuk Atasi Bibir Pecah-pecah, Masalah Langsung Hempas

11 Mei 2023 09:05 WIB

Bibir kering. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, bibir kering dan pecah-pecah sangat rentan terjadi dan tentu dapat mengganggu penampilan. Kalau punya masalah bibir pecah-pecah pasti kamu jadi gak pede kan, Beauty?

Bibir yang sehat dan lembap tentu akan terasa lebih nyaman dan lebih menarik untuk dilihat. Makanya, kamu harus segera mengatasi masalah bibir pecah-pecah. 

Berikut ini beberapa macam bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi bibir pecah-pecah, seperti dikutip dari laman Healthline, Kamis (11/5/2023).

Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sejumlah kegunaan dan paling dikenal karena punya sifat antiinflamasi. Makanya, lidah buaya jadi pilihan tepat untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

Untuk mengatasinya, potong daun lidah buaya dan iris terbuka untuk mengambil gelnya. Simpan gel dalam wadah dan oleskan ke bibir sesuai kebutuhan.

2. Madu

Madu diketahui memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Madu dapat membantu melembapkan bibir dan melindungi bibir pecah-pecah dari infeksi.

Untuk penggunaannya, cukup oleskan madu ke bibir sepanjang hari. Namun, perawatan ini mungkin gak cocok untuk orang dengan alergi serbuk sari.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa termasuk bahan alami yang digunakan sebagai pelembap. Asam lemak dalam minyak kelapa akan mengembalikan kelembutan bibir dan membuatnya kenyal.

Caranya mudah, oleskan saja minyak kelapa di bibir setiap pagi, siang, dan menjelang tidur setiap hari. Rasakan hasilnya sekitar satu minggu.

4. Petroleum Jelly

The American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan untuk menggunakan petroleum jelly sepanjang hari sebelum tidur untuk melembapkan bibir pecah-pecah.

Petroleum jelly dapat menjaga kelembapan bibir lebih lama daripada minyak. Carany mudah, cukup oleskan petroleum jelly ke bibir secara teratur sesuai kebutuhan.

5. Mentimun

Cara mengatasi bibir pecah-pecah selanjutnya adalah dengaan menggunakan mentimun. Cara mengaplikasikannya juga mudah.

Kamu hanya perlu menggosokkan mentimun selaman satu hingga dua menit, lalu biarkan sekiatr 10 menit. Setelah itu, bilas bibir menggunakan air bersih.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasi bibir pecah-pecah. Semoga bermanfaat!