Menu

Telah Berkarya 2 Dekade, Aqillah Ria Anjelina Siap Kenalkan Budaya Sumbar ke Mancanegara!

11 Mei 2023 18:10 WIB

Ria Anjelina, Fashion Designer dan Founder Aqillah Ria Anjelina. (Tasha Rainita/HerStory)

HerStory, Depok —

Beauty, modest fashion sering kali dikaitkan dengan busana muslim. Namun, sebenarnya modest fashion itu punya makna yang sangat luas, lho.

Modest fashion sesungguhnya merupakan tren busana bergaya santun dengan siluet longgar yang gak memperlihatkan lekuk tubuh serta mengekspos banyak kulit pemakainya.

Salah satu fashion designer modest fashion dengan karya unik dan elegan adalah Ria Anjelina. Wanita asal Bukittinggi ini telah menekuni dunia fashion lebih dari dua dekade.

Melalui jenama Aqillah Ria Anjelina, Ria menghadirkan modest fashion yang mengusung budaya Minang dalam setiap koleksi yang dibuatnya.

Kabar bahagianya, Aqillah Ria Anjelina akan memamerkan desain dengan tema “Minang Langit Biru” pada gelaran fashion show di New York, Amerika Serikat.

Aku mau mengambil satu momen di mana brand lokal bisa memperkenalkan budaya Minang. Aku mau buktikan kalau desainer-desainer lokal juga bisa go internasional,” kata Ria saat temu media di Jakarta Fashion Hub, Kamis (11/5/2023).

Tema “Minang Langit Biru” menjadi pilihan Ria karena Minang disebut kontemporer. Koleksinya juga akan menjelaskan tentang kekuatan Minang.

Kami ingin menggambarkan produk kami dalam konteks budaya Minang. Kalau bahasa simpelnya, Minang kontemporer. Minang juga terkenal sebagai suku perantau,” ungkap Ria.

Produk kami menjelaskan tentang kekuatan Minang, determinasi Minang, keunggulan Minang,” sambungnya.

Saat fashion show di New York, Ria akan memamerkan 10 koleksinya yang bernuansa Minang dengan sentuhan warna merah dan hitam yang khas.

Ada 10 koleksi ini memikirkan idenya aja tiga bulan. Aku pilih warna merah dan hitam karena Padang banget kan,” papar Ria.

Untuk membuat 10 koleksi tersebut, Ria mengatakan bahwa tantangannya sangat luar biasa karena butuh kesabaran dan sumber daya manusia (SDM) yang banyak, apalagi saat pembuatan kain songketnya.

Meski begitu, bagi Ria, keberhasilan dalam dunia fashion gak semata-mata karena kecakapannya melihat pasar dan mampu melihat tren terbaru.

Baginya, pencapaian tersebut dilakukan untuk mengajak semakin banyak wanita Indonesia untuk berani menghargai diri sendiri dan berdampak pada lingkungan sekitarnya.