Menu

Bukan untuk Diisi Ulang, Ini Bahaya Mengisi Botol Air Mineral

26 Januari 2021 17:45 WIB

Minum air putih (Unsplash/Damir Spanic)

HerStory, Purwokerto —

Beauty suka banget bawa botol air minum dari rumah? Mungkin masih banyak orang yang suka banget bawa botol minuman sendiri untuk aktivitas sehari-hari. Tapi, banyak juga orang yang suka beli botol air mineral untuk menunjang kebutuhan minum hariannya. Enggak jarang juga kita lihat ada beberapa orang yang suka mengisi ulang air minum di botol plastik air mineral. Mungkin tujuannya untuk menghemat dan biar enggak sekai pakai. Padahal, menggunakan botol sekali pakai secara berulang bisa menyebabkan gangguan kesehatan lho Beauty.

Biasanya botol plastik minuman kemasan terbuat dari plastik polyethylene terephthalate (PET). Lambang ini biasanya juga disertai dengan kode angka 1. Meskipun aman digunakan di produk makanan, kalau Beauty menemui ini di kemasan artinya plastik kemasan hanya boleh dipakai satu kali saja. Ciri lainnya biasanya produk ini berwarna bening, tipis, dan akan rusak kalau terkena panas atau suhu tinggi. Meskipun enggak bisa dipakai lagi, produk ini bisa didaur ulang menjadi plastik siap pakai dan bahan tekstil.

Kalau Beauty masih nekat menggunakannya, berbagai risiko kesehatan siap menanti Beauty. Setelah dibuka, botol air minum akan terkontaminasi dengan bakteri yang ada di luar. Terlebih kalau Beauty menggunakannya lagi dengan cara isi ulang. Beauty bisa mengaami keracunan dan diare akibat bakteri yang berkontaminasi dengan air yang diisi ulang. Bahan kimia tertentu seperti monomer dapat bercampur dengan air minum jika digunakan terlalu lama. Zat-zat ini bisa menyebabkan gangguan jantung, paru-paru, hingga meningkatkan risiko kanker. 

Nah gimana solusinya kalau masih sering pakai botol plastik untuk diisi ulang? Beauty bisa menggunakan plastik dengan kode nomor 2 yang memang bisa dipakai berulang kali. Cirinya plastik ini lebih tebal dan punya warna keputihan mirip susu. Selain aman digunakan berulang kali, botol plastik ini juga aman digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti menaruh jus, deterjen, shampo, bahkan menjadi bahan mainan. Tapi biar lebih aman, Beauty bisa mengganti botol plastik dengan botol yang terbuat dari stainless steel.