Menu

Galeri Indonesia Kaya ‘Hidup’ Kembali dengan Wajah Baru, Yuk Nikmati Budaya Bangsa secara Gratis!

12 Mei 2023 21:40 WIB

Pembukaan Galeri Indonesia Kaya (Dok. Istimewa/Edited by HerStory)

HerStory, Depok —

Pandemi Covid-19 telah mendari era sulit bagi kebanyakan orang. Bahkan, Galeri Indonesia Kaya (GIK) harus tutup selama 2 tahun karenanya.

Meski begitu, kini ‘hidup’ kembali dengan wajah baru yang lebih cantik untuk menaungi para penikmat seni. Dengan konsep yang memadukan edukasi dengan digital media, para penikmat seni dapat berkunjung secara gratis.

GIK berlokasi di pusat kota Jakarta tepatnya di West Mall Grand Indonesia lantai 8. Tepat pada hari ini (12/5/2023), GIK melangsungkan jumpa pers untuk membagikan kabar bahagia soal pembukaan kembali galeri yang memamerkan kekayaan bangsa ini.

Indonesia Kaya senang sekali karena setelah 2 tahun tutup dan kami renovasi dan senang sekali besok kita sudah buka untuk umum,” ungkap Renitasari Adrian, selaku Program Director Indonesia Kaya, dalam konferensi pers yang dilakukan di GIK, Jumat (12/5/2023).

Dengan dibukanya kembali GIK, para pelaku seni akan mendapatkan ruang untuk memamerkan karyanya. Terdapat auditorium yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seni seperti workshop, pertunjukan tari, teater, monolog, dan lainnya.

Auditorium berkapasitas 150 orang ini didukung fasilitas modern sebagai sarana bagi pelaku seni maupun masyarakat umum untuk menampilkan berbagai kesenian Indonesia dan kegiatan lainnya secara gratis,” ujarnya.

Auditorium ini memiliki kapasitas 150 orang yang dilengkapi dengan panggung sebesar 13 x 13 meter. Terdapat tiga buah layar beserta proyektor utama 10.000 lumens yang didukung dengan proyektor 7000 lumens, sound system dengan audio power mencapai 5000 watt disertai moving LED.

Setiap pelaku seni tentunya memiliki kesempatan untuk tampil di panggung GIK. Kamu hanya perlu mengirimkan proposal yang nantinya akan dikurasi oleh Indonesia Kaya.

Proposal yang terpilih boleh menggunakan auditorium GIK, baik untuk latihan maupun melangsungkan pertunjukkan.

Gak hanya berupa auditorium, terdapat medium edukasi berupa aplikasi interaktif seputar budaya Indonesia di GIK. Terinspirasi dari ragam kekayaan Indonesia aplikasi tersebut berupa Bersatu Padu, Selaras Seirama, Sajian Rasa. Arundaya, Cerita Kita, Arugi, dan Pesona Alam.

Penasaran bagaimana kekayaan Indonesia dibingkai dalam GIK? Langsung berkunjung sebab besok GIK sudah resmi dibuka untuk umum, Beauty!