Menu

Kenapa Gairah Seksual Ibu Hamil Naik Turun?

27 Januari 2021 14:45 WIB

wanita hamil dan suaminya (Unsplash/Kelly Sikkema)

HerStory, Bandung —

Di masa kehamilan, beberapa ibu hamil akan merasa ada kalanya ia mendapati dorongan seksual yang kuat, tetapi di waktu-waktu tertentu juga dorongan tersebut justru menghilang. Sebenarnya wajar nggak sih mengalami hal seperti ini? Lalu apa penyebabnya? 

Dikutip dari Kidshealth (27/01/2021) hal tersebut memang normal terjadi pada ibu hamil. Kebanyakan ibu hamil mengalami gejala kelelahan, mual, nyeri di bagian payudara serta intensitas untuk buang air kecil yang cukup sering membuat kegiatan seksual menjadi menyusahkan bagi mereka, khususnya selama trimester pertama.

Sebaliknya, gejala kelelahan dan mual akan reda selama trimester kedua dan beberapa wanita merasa dorongan seksual mereka semakin meningkat.

Selain itu, mereka merasa kedekatan dengan pasangan semakin besar sehingga membuat kegiatan bercinta lebih memuaskan. Namun, hal ini akan hilang selama trimester ketiga ketika perut akan semakin membesar.

Uniknya, bukan hanya wanita saja yang mengalami kondisi seperti ini tapi pria juga. Bahkan, beberapa pria merasa mereka begitu dekat dengan istrinya yang sedang mengandung dan justru menikmati perubahan yang ada dalam diri mereka.

Sebagian pria lainnya akan mengalami penurunan dorongan seksual karena kekhawatiran tentang beban menjadi orang tua baru ataupun mengenai kesehatan ibu dan janinnya.

Jadi, hal ini normal ya untuk dialami. Nggak ada yang harus dikhawatirkan selain menjaga kondisi bayi supaya terus sehat dan berkembang dengan baik.

Semangat Moms! Semoga bermanfaat.