Menu

Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Leci Punya Manfaat yang Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Bikin Kulit dan Rambut Sehat, Menarik Kan?

16 Mei 2023 18:00 WIB

Buah leci. (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti sudah gak asing lagi dengan leci. Buah ini umumnya digunakan sebagai campuran atau topping berbagai hidangan, seperti pudding, teh, dan mocktail. 

Leci memiliki rasa manis dan menyegarkan sehingga disebut sebagai buah musim panas. Di samping rasanya yang memanjakan lidah, ternyata leci juga punya segudang manfaat baik untuk tubuh lho, Beauty. 

Berikut ini deretan manfaat luar biasa dari leci untuk tubuh, yang sudah HerStory kutip dari Health Shots, Selasa (16/5/2023). 

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Bagi kamu yang belum tahu, leci mengandung komponen anti-inflamasi untuk membantu melancarkan pencernaan lho. Selain itu, fungsi ini juga didukung kandungan serat baik sehingga dapat mengatasi sembelit.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Beauty, tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan umum yang kerap dihadapi. Kendati demikian, kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi leci. 

Sebagai informasi, leci mengandung jumlah potasium yang baik sehingga membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

3. Kaya akan Antioksidan

Gak cuma mengatasi gangguan penyakit, leci bahkan bisa mencegah datangnya virus dan bakteri. Ini berkat sifat antioksidannya yang tinggi. 

Diketahui, antioksidan membantu menangkal berbagai radikal bebas, termasuk virus dan bakteri penyebab penyakit. Gak cuma itu antioksidan membantu dalam pencegahan stres, diabetes, dan meningkatkan kesehatan jantung.

4. Meningkatkan Imunitas

Selain jeruk, leci merupakan buah dengan kandungan vitamin C sangat tinggi. Vitamin C dapat membantu meningkatkan imunitas secara alami. 

Gak cuma itu, vitamin C berfungsi dalam pembentukan protein yang digunakan untuk membuat kulit, tendon, ligamen.

5. Baik untuk Kulit dan Rambut

Nah, manfaat leci ini mungkin belum banyak diketahui orang. Leci merupakan sumber vitamin E sangat baik sehingga meningkatkan kesehatan kulit dan memberikan kecerahan. 

Selain itu, vitamin E juga membantu menyembuhkan sengatan matahari dan peradangan kulit. Kandungan zinc dalam leci turut membantu pertumbuhan rambut.