Menu

Konser Makin Menjamur! Biar Keuangan Gak Boncos, Yuk Atur dengan 3 Cara Sederhana dalam Menabung, Simak Beauty...

16 Mei 2023 18:35 WIB

Ilustrasi mengatur uang. (Istimewa/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, setelah adanya beberapa pembatasan kegiatan, termasuk konser dan festival musik akibat pandemi, kini musisi lokal hingga internasional sudah mulai mengisi daftar panjang gelaran konser di Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia. Tentu saja ini adalah kabar baik untuk kamu si pecinta konser. 

Di sisi lain ada hal yang memusingkan saat konser digelar yaitu soal pembelian tiket. Pasalnya tiket konser dibandrol dengan harga yang cukup besar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Nah, hal inilah yang membuat kamu harus cerdas dalam mengatur keuangan, Beauty. Kali ini HerStory akan menyajikan tips mengelola keuangan ala blu by BCA Digital

Baca Juga: Persiapkan dari Sekarang! Ini 7 Tips Menang War Tiket Coldplay di Indonesia, Semoga Beruntung Ya!

1. Lakukan budgeting 

Buat kamu si penikmat konser yang mungkin akan menonton lebih dari satu konser dan festival musik, hal pertama perlu kamu lakukan adalah melakukan perencanaan keuangan atau budgeting.

Catat beragam keperluan yang akan dikeluarkan saat menonton konser, mulai dari harga tiket, persiapan OOTD, harga merchandise yang akan dibeli, biaya akomodasi seperti penginapan dan kendaraan hingga biaya konsumsi nanti.

Perencanaan keuangan ini diperlukan agar kamu punya gambaran berapa biaya yang kamu butuhkan setiap konser dan festival musik yang akan kamu habiskan.

Hal ini juga bisa jadi acuan kamu untuk gak ‘kalap’ atau menghabiskan uang diluar perencanaan kamu, atau sampai kehabisan uang ditengah jalan. 

Selain itu, budget yang sudah dihitung ini nantinya juga bisa jadi perkiraan berapa uang yang harus kamu sisihkan atau tabung dari jauh hari.

2. Pisahkan tabungan konsermu

Setelah mengetahui total budget yang diperlukan untuk menonton konser impian, kamu perlu memperkirakan berapa lama dan berapa besar uang yang harus disisihkan setiap bulannya.

Budget ini sebaiknya juga gak dicampur dengan keuangan lainnya, agar gak tiba-tiba dipakai untuk kebutuhan lain. Kunci paling mudah adalah dengan membuka rekening baru yang khusus untuk tabungan konser ini.

Di bank blu by BCA Digital, kamu bisa membagi pos-pos tabungan secara khusus hingga 20 tabungan dalam satu rekening lewat fitur bluSaving. Jadi gak perlu buka banyak rekening berbeda untuk memisahkan tabungan, dan kamu juga bisa fokus untuk mencapai target, karena lewat fitur ini, kamu juga bisa menentukan target nominal tabungan yg ingin dicapai. 

3. Konsisten dalam menabung

Tips terakhir dan juga paling penting adalah konsistensi. Beberapa rintangan untuk mencapai target tabungan konser ini adalah godaan untuk belanja hal lain, ataupun kelupaan menyisihkan uang untuk tabungan konser. 

Jika gak konsisten, maka kemungkinan jumlah target yang diincar mungkin saja gak bisa tercapai sesuai waktu yang diharapkan. Jadi tentukan target dan konsisten dalam menabung, ya. 

Nah, kamu bisa memanfaatkan fitur auto debit di akun blu by BCA Digital kamu ke dalam akun bluSaving. Dengan fitur ini, jumlah uang yang sudah ditentukan akan secara reguler dan otomatis masuk ke dalam tabungan konser yang telah kamu buat di bluSaving. 

“Dengan banyaknya kebutuhan dan keperluan di masa depan termasuk untuk keperluan hiburan, menabung jadi salah satu cara agar keuangan lebih terkontrol. blu by BCA Digital memungkinkan nasabah untuk mengatur keuangannya dengan baik lewat beragam fitur yang disediakan agar mencapai financial goals yang diinginkan. blu hadir sebagai sobat perduitan untuk nasabah,” ungkap Duardi Prihandiko, selaku Head of Marketing Communications blu by BCA Digital, dalam keterangan pers yang diterima oleh HerStory, Selasa (16/5/2023).