Menu

Moms Wajib Tahu, Ini Manfaat Yoga untuk Tumbuh Kembang Anak, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Konsentrasi Si Kecil Lho!

22 Mei 2023 20:50 WIB

Anak melakukan Yoga (Freepik/EditedByHerstory)

HerStory, Depok —

Sebagai orangtua, Moms harus memerhatikan proses tumbuh kembang si kecil dari berbagai aspek. Tentunya, selama proses tersebut harus didukung berbagai hal supaya tumbuh kembang si kecil optimal. 

Salah satu aktivitas yang baik adalah yoga. Latian yoga berfokus pada membawa harmoni antara pikiran dan tubuh. 

Lantas apa saja sih manfaat yoga untuk anak? Berikut ini sederet manfaat baik yoga untuk tumbuh kembang si kecil, sebagaimana sudah HerStory kutip dari Health Shots, Senin (22/5/2023). 

1. Mengurangi Stres

Moms, anak-anak kita hidup di dunia modern yang serba cepat. Mereka terus-menerus menyerap informasi dari seluruh penjuru dan mulai mengalami berbagai jenis tekanan pribadi bahkan sosial. 

Nah, untuk mengatasi tekanan secara efektif, anak membutuhkan ketenangan. Yoga membantu menyelaraskan tubuh, pikiran, dan jiwa.

2. Meningkatkan Kekuatan dan Fleksibilitas

Berlatih yoga membantu anak meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan. Gak cuma belajar bagaimana menggunakan tubuh dengan cara baru yang bermanfaat, aman dan menyenangkan, yoga secara teratur juga mengurangi risiko cedera. 

Tubuh anak akan tumbuh kuat, kekebalan mereka meningkat, dan kebiasaan makan menjadi lebih sehat.

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus 

Manfaat selanjutnya dari yoga adalah membantu anak meningkatkan hubungan antara pikiran dan tubuh. Yoga mengajarkan anak untuk memperhatikan napas, tubuh, dan suara batin mereka. 

Yoga secara efisien dapat meningkatan kinerja anak di sekolah. Si kecil akan lebih percaya diri, memiliki emosional dan kewaspadaan lebih baik, serta fokus.

4. Menenangkan Kecemasan dan Hiperaktif

Saat anak-anak menavigasi dirinya dalam kehidupan, tak jarang ada emosi yang kompleks sehingga sulit dipahami oleh mereka. Latihan pernapasan yoga dan teknik relaksasi dapat membantu anak-anak mengatasi kecemasan dan mengurangi hiperaktif. 

Memperkenalkan rutinitas meditasi dan pernapasan memiliki efek sangat menenangkan pada kepribadian anak dan mengurangi perilaku bermasalah.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani