Menu

Suka Tidur Kelamaan? Awas Bahaya Ini Mengintaimu

29 Januari 2021 12:00 WIB

Ilustrasi wanita yang sedang tidur. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Sering kerja lembur, begadang mengerjakan tugas, atau sekadar begadang untuk menonton drakor mungkin pernah kamu alami. Setelah begadang sampai pagi, akhirnya kamu tidur lama dari siang sampai sore bahkan menjelang malam untuk 'membayar' waktu tidur yang hilang.

Dilansir dari berbagai sumber (29/01/2021), semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk tidur, maka semakin cepat tubuh akan terurai. Meskipun nggak sedikit orang yang suka bermalas-malasan dan memilih bangun siang, ternyata memliki efek samping yang buruk bagi tubuh.

Selain membuat tubuh terasa lebih lesu, waktu tidur yang kurang baik bisa memengaruhi kegiatan sehari-harimu. Bahkan, tidur terlalu lama bisa menimbulkan kondisi kesehatan yang memburuk seperti dilansir dari Boldsky (29/01/2021) berikut ini.

Meningkatkan risiko diabetes

Sebuah studi mengungkapkan, seseorang yang tidur lebih dari 9 jam semalam lebih tinggi risikonya hingga 60 persen untuk mengidap diabetes.

Hilangnya gaya hidup aktif

Dengan tidur berlebih, secara otomatis aktivitasmu akan berkurang, kan?. Nah, akibatnya tubuh akan memiliki waktu yang lebih sedikit untuk menghasilkan energi. Secara tidak langsung kamu justru akan menumpuk lemak dalam tubuh.

Meningkatkan berat badan

Menurut sebuah studi, orang yang terlalu banyak tidur berisiko lebih tinggi menghadapi peningkatan berat badan. Sekitar 21 persen risiko kelebihan berat badan akan mengancam mereka yang lebih suka tidur lebih dari 8 jam dalam satu malam.

Sakit kepala

Salah satu hal yang paling umum dan sering dijumpai akibat terlalu banyak tidur yakni rasa sakit di bagian kepala. Hal ini terjadi karena jaringan neutransmitter dalam otak tidak bekerja saat seseorang sedang terlelap.

Sakit pinggang

Terlalu banyak tidur juga menyebabkan rasa sakit di bagian pinggang. Untuk mengatasinya kamu perlu berolahraga yang berfokus pada kekuatan punggung dan pinggul.

Meningkatkan depresi

Orang dengan terlalu banyak tidur lebih berpotensi depresi. Inilah alasan mengapa terlalu banyak tidur nggak baik untuk kesehatan tubuh.

Kualitas jantung menurun

Efek samping utama kalau seseorang terlalu banyak tidur yakni gangguan pada jantung. Studi menunjukkan waktu tidur berlebih berisiko tinggi menurunkan performa jantung dalam memompa darah, hingga menyebabkan seseorang menderita jantung koroner.

Mengawang-awang

Saat tidur terlalu lama, kamu akan sering merasa seperti mengawang-awang. Kamu seakan merasa antara terbangun atau tertidur, sehingga sulit fokus dengan apa yang sedang dialami saat itu.