Menu

Wajib Batasi! Jangan Ngeyel, Ini 4 Makanan Penyebab Kanker yang Masih Banyak Dinikmati, Nomor 3 Favorit Banyak Orang!

23 Mei 2023 00:10 WIB

Ilustrasi Kanker Limfoma (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Hingga kini kanker menjadi penyakit yang paling tinggi menyebabkan kematian di seluruh dunia. Datangnya penyakit ini salah satu pemicunya adalah makanan.

Maka dari itu, menjaga makanan yang masuk ke tubuh sangatlah penting agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

Menurut Cancer Research UK, pola makan sehat dan gizi seimbang dapat mengurangi risiko kanker dengan membantu seseorang menjaga berat badan sehat atau menurunkan berat badan lho Beauty.

Disarankan kamu memakan buah dan sayur-sayuran, gandum utuh (nasi merah atau roti gandum), dan protein sehat (ayam, ikan, atau kacang-kacangan) agar tubuh jadi lebih sehat.

Berikut adalah makanan yang perlu kamu hindari karena disebut sebagai penyebab kanker. Simak yuk!

Alkohol

Mengutip Cancer Council, minum alkohol meningkatkan risiko kanker, terutama kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus, hati, dan payudara.

Maka dari itu, kamu harus mulai membatasi pengkonsumsian alkohol karena bisa berdampak untuk jangka panjang.

Makanan dengan kadar garam yang tinggi

Mulai sekarang, kamu harus kurangi camilan asin ya Beauty. Sebab, menurut Victoria Manax, MD, kepala petugas medis di Pancreatic Cancer Action Network dan ahli onkologi, terlalu banyak mengonsumsi garam menyebabkan tekanan darah tinggi dan hal ini berhubungan dengan risiko kanker tertentu.

Daging olahan

Biasanya masih banyak orang mengkonsumsi daging olahan seperti sosis, hot dog, nugget, pepperoni, dendeng dan daging yang diawetkan dengan diasinkan, atau daging asap.

Padahal, menurut studi dalam jurnal The Lancet Oncology, disebutkan bahwa mengonsumsi 50 gram daging olahan setiap hari dapat meningkatkan risiko kanker usus sebesar 18% lho Beauty.

Namun, jika kamu sangat ingin mengkonsumsinya, ada baiknya carilah produk yang bebas kandungan nitrat dan nitrit, serta tak ditambahkan bahan pengawet untuk opsi yang lebih baik.

Soda

Minuman olahan seperti soda juga bisa menjadi pemicu kanker lho karena kadar gula, bahan kimia, dan pewarna buatan yang sangat tinggi.

Umumnya soda yang punya warna cokelat dibuat dari zat 4-methylimidazole (4-MI) yang dapat menyebabkan kanker.

Jadi, sebaiknya hindari konsumsi soda termasuk soda diet ya Beauty!

Artikel Pilihan