Menu

Solusi Bikin Rumah Nyaman di Tengah Cuaca Panas yang Melanda, Penasaran? Yuk Intip Tips Sederhananya Di sini...

23 Mei 2023 09:40 WIB

Heatgard, cat pelapis dari Aquaproof. (Dok. Istimewa/Aquaproof)

HerStory, Jakarta —

Beauty, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebagian besar negara-negara di Asia Selatan terdampak gelombang panas atau heatwave. Di Indonesia, suhu maksimum hariannya mencapai 37,2 derajat Celsius. 

Hingga kini, cuaca panas masih sangat terasa di Indonesia, pada 5 Mei 2023 lalu BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berpeluang melanda sebagian wilayah.

Cuaca panas yang melanda belakangan ini membuat suasana rumah jadi gak nyaman dan terkesan gerah. Makanya, kamu harus punya solusi untuk membuat rumah jadi lebih nyaman.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat suasana rumah lebih nyaman di saat cuaca panas menyerang. Simak baik-baik, ya!

  1. Cegah dehidrasi dengan minum air putih yang banyak, jangan menunggu hingga haus
  2. Hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung, gunakan topi atau payung serta gunakan sunscreen ketika berakativitas di luar rumah
  3. Memakai baju berbahan ringan dan longgar
  4. Atur menu makanan, perbanyak sayur dan buah
  5. Membuat kondisi di dalam rumah menjadi sejuk

Nah, salah satu cara untuk membuat kondisi rumah semakin sejuk adalah dengan menggunakan Heatgard cat pelapis penolak panas pertama di Indonesia yang dapat menurunkan suhu permukaan yang dilapisinya 10°C-20°C.

"Heatgard merupakan salah satu inovasi Aquaproof dengan Reflect & Insulate Technology yang bekerja menolak panas matahari, sehingga suhu di permukaan luar bangunan menjadi lebih rendah 10°C-20°C, meredam panas matahari yang masuk dan jadi lebih sejuk," kata Chandra Kurniawan Marketing Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia, dikutip HerStory dari keterangan resminya, Selasa (23/5/2023).

Pengujian efektivitas penurunan suhu pada bidang yang dilapisi Heatgard juga telah dilakukan. Pengujian dilakukan dengan membandingkan atap metal yang dilapisi Heatgard warna abu dengan atap metal yang dilapisi cat biasa warna abu, kemudian paparan panas diwakili lampu infrared sebagai pengganti sinar matahari. 

Suhu awal masing-masing atap metal menunjukkan angka yang sama yaitu 31°C, kemudian setelah diberi paparan panas dalam kurun waktu 5 menit, terlihat jelas atap metal yang dilapisi Heatgard 49,8°C dan atap metal gak dilapisi Heatgard 68,2°C, selisihnya sebesar 18,4°C.

“Selain penolak panas, Heatgard juga sudah anti bocor sehingga ketahanan bangunan yang sudah dilapisi Heatgard sudah gak perlu diragukan. Baik musim kemarau maupun musim hujan, Heatgard akan melindungi bangunan," ungkap Chandra.

Cara penggunaan Heatgard

Cara penggunaan Heatgard sama seperti cat pada umumnya yaitu bersihkan semua bagian yang mudah lepas dan terkelupas dengan kape atau sikat kawat, sehingga bidang yang akan diaplikasikan memiliki daya lekat yang baik terhadap cat.

Kemudian, aplikasikan Heatgard menggunakan kuas atau roll tanpa perlu dicampur air. Pengecatan dilakukan sebanyak dua lapis atau lebih sampai mendapatkan ketebalan sesuai daya sebar yang dianjurkan, yakni 1 liter untuk 1 m⊃2;, dengan selang waktu minimal 1 jam setiap pelapisan.

Untuk bidang seperti atap seng yang bergelombang dapat melapisi Heatgard menggunakan airless spray. Area sudutan dan pertemuan dua bidang juga dapat diperkuat dengan Aquaproof Polyester Mesh.

Heatgard tersedia dalam dua ukuran kemasan yaitu 4 liter dan kemasan besar 20 liter. Dapatkan cat penolak panas Heatgard di berbagai toko bangunan terdekat atau melalui toko online di Official Store Aquaproof.

Gimana Beauty? Mau coba?