Menu

Pertunjukan Seni 'Satu Dalam Cita' Digelar di Pura Mangkunegaran Solo, Siap-siap Hadir dan Catat Tanggalnya!

24 Mei 2023 08:00 WIB

Press conference gelaran seni “Satu Dalam Cita” bersama Nicholas Saputra dan Happy Salma. (Ummu Hani/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Titimangsa mengumumkan siap menyelenggarakan pertunjukan seni bertajuk “Satu Dalam Cita” di Pura Mangkunegaran, Solo.

Gelaran ini berisi rangkaian acara yang terdiri dari Pertunjukan SUDAMALA dari Epilog Calonarang, Pasar Kangen, Royal Heritage Dinner, serta kegiatan kebudayaan lainnya. 

Kegiatan itu menghadirkan pementasan seni tradisi Bali yang berakar dari karya sastra berjudul Sudamala: Dari Epilog Calonarang. 

Istimewanya, acara ini akan menyugurkan ragam seni, seperti tari, drama, serta berbagai karya seni rupa. Gak cuma itu, nantinya juga akan ada keindahan tata busana serta alunan gamelan khas Bali. 

“Satu Dalam Cita” ini diproduseri oleh dua pelaku peran ternama Indonesia, yakni Happy Salma dan Nicholas Saputra.

Happy Salma menuturkan, meski menampilkan karya seni Bali, Pura Mangkunegaran Solo dianggap tepat sebagai sebagai tempat penyelenggaraan “Satu Dalam Cita”. 

“Tempat ini bagi kami sangat ideal berhubung memiliki nilai sejarah tinggi dan sangat terbuka untuk menerima berbagai bentuk kebuyaan yang beragam dari wilayah yang berbeda,” ujar Happy, dalam konferensi pers di Melati Glass House, Senayan, Jakarta. 

Selain itu, menurut Happy, terdapat keterkaitan antara Solo dan Bali sehingga menjadi tempat naskah Calonarang berkembang.  

"Jika kita runtut, leluhur kami pada 1930an itu sempat ke Solo dan orasi di sana. Lalu pada 2023 ini, kenapa kita gak melakukan hal yang sama juga ya? Waktu itu Nico (Nicholas Saputra) langsung bicara kepada Kanjeng Gusti Mangkunegaran dan langsung diterima," ungkap Happy. 

Dalam kesempatan sama, Nicholas Saputra mengatakan, gelaran ini memiliki ragam ekosistem yang menjadi pelengkap pementasan.

"Pementasan nantinya tak berdiri sendiri. Ada ekosistem di luar pementasan itu sendiri, ada pasar rakyat, royal heritage dinner, acara besar gak bisa dilaksanakan sendirian," ucap Nicholas. 

Nicholas pun mengharapkan gelaran ini akan dipenuhi penonton seperti pementasan SUDAMALA tahun lalu, yang dilaksanakan di Gedung Arsip Nasional, Jakarta. 

"Harapannya tiketnya fullhouse seperti tahun lalu. Penjualan tiket ludes, kami juga sudah buka hari ini. Mudah-mudahan tercapai cita-cita kami, bisa full yang datang," kata Nicholas. 

Sebagai informasi, ekosistem pementasan Sudamala: Dari Epilog Calonarang, “Satu dalam Cita” juga menghadirkan Pasar Kangen di Mangkunegaran dan Royal Heritage Dinner pada 23-25 Juni 2023. 

Gak cuma itu, ada pula Ruwat Bumi Pura Mangkunegaran pada 24 Juni 2023, Lokakarya 23-25 Juni 2023, Sudamala Tour 23-25 Juni 2023, serta Pameran Koleksi Bersejarah Berhubungan dengan Mangkunegaran dan Bali 23-25 Juni 2023. 

Tiket “Satu Dalam Cita” bisa didapat melalui www.titimangsa.or.id atau telepon 0852-1657-8851.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani