Menu

GoFood Hadirkan Koleksi Juara Lokal, Tingkatkan Eksistensi UMKM Kuliner Lokal ke Pelanggan

25 Mei 2023 18:15 WIB

Gojek bersama mitra GoFood Juara Lokal, Ayam Goreng Berkah Rachmat, Kamis (25/5/2023).

HerStory, Depok —

Gojek, unit bisnis on-demand service dari Grup GoTo, terus mewujudkan komitmennya menjadi mitra terbaik bagi pertumbuhan UMKM. Kali ini, Gojek melalui GoFood hadirkan inisiatif Koleksi Juara Lokal GoFood. 

Inisiatif ini merupakan kategori khusus di dalam aplikasi yang berisi kurasi menu-menu khas daerah guna mendorong visibilitas UMKM kuliner lokal ke jutaan pelanggan loyal GoFood.

Head of Regions & External Affairs Gojek, Gede Manggala menuturkan, selain dukungan dari sisi teknologi, Koleksi Juara Lokal GoFood menjadi salah satu wujud upaya Gojek untuk mendorong UMKM kuliner lokal. 

Berdasarkan data dari Kemenkop UKM RI, tercatat ada 20,76 juta UMKM yang bergabung ke platform digital per Desember 20221. Setelah masuk ke ekosistem digital, UMKM tetap membutuhkan dukungan dan ragam inovasi yang dapat membantu mereka mengembangkan usahanya. GoFood terus mendorong UMKM kuliner lokal yang telah go digital agar tetap eksis, bahkan meningkatkan usahanya secara berkelanjutan,” ujar Gede, dalam Konferensi Pers Koleksi Juara Lokal GoFood di Ayam Bakar Berkah Rachmat, Melawai, Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Inisiatif teranyar dari GoFood ini memberikan peluang bagi UMKM kuliner lokal untuk lebih mudah ditemukan para pelanggan. Ragam menu khas daerah yang hadir di Koleksi Juara Lokal GoFood dikurasi secara khusus berdasarkan rekomendasi hidangan khas, resto legendaris, hidden gem, dan favorit masyarakat setempat. 

Gak cuma itu, kriteria Koleksi Juara Lokal GoFood adalah UMKM kuliner lokal yang memiliki pertumbuhan bisnis positif dan berpotensi untuk terus berkembang.

Inisiatif ini pertama kali diluncurkan di Bali pada November 2022 bersamaan dengan perhelatan forum dunia yakni KTT G20. Kini, Koleksi Juara Lokal GoFood telah diperluas ke kota-kota lainnya, mulai dari Makassar, Medan, Balikpapan, Surabaya, Bandung dan Jabodetabek,” lanjut Gede.

Dari hasil riset Alvara Research Center pada 20222, makanan nusantara menjadi kategori kuliner yang paling banyak dijual oleh UMKM Indonesia dengan proporsi mencapai 42,3 total responden yang diwawancarai. 

Hal ini mendorong Gojek mengambil peran aktif dalam membantu kemajuan UMKM kuliner yang menjual menu-menu khas daerah.

Hadir melalui virtual, Leonard Theosabrata, Direktur Utama SMESCO Indonesia turut menjelaskan, SMESCO dan GoFood memiliki visi yang sejalan mendorong UMKM kuliner dapat naik kelas. 

Kami melihat inisiatif Koleksi Juara Lokal GoFood dapat mengangkat eksposur resto UMKM kuliner yang menjual menu-menu khas daerah secara maksimal di platform online. SMESCO Indonesia turut mengapresiasi Koleksi Juara Lokal GoFood sebagai salah satu inisiatif dari ekosistem Gojek untuk mendukung jutaan UMKM yang telah go digital makin bertumbuh secara berkelanjutan,” ucap Leonard.

Ayam Goreng Berkah Rachmat selaku salah satu mitra yang menjadi resto Juara Lokal GoFood, mengalami pertumbuhan bisnis yang cukup pesat sejak bergabung bersama GoFood.  

Berdiri sejak 1960-an, Ayam Goreng Berkah Rachmat terus bertahan berkat menjaga cita rasa yang khas dari kualitas ayam goreng sejak awal beroperasi.

Pemilik Usaha Ayam Goreng Berkah Rachmat, Febry Setiawan mengatakan, di era digital mendorong Ayam Goreng Berkah Rachmat bergabung dengan GoFood sejak 6 tahun lalu dan terbukti usaha semakin berkembang. 

Kunci eksistensi Ayam Goreng Berkah Rachmat selama lebih dari 60 tahun adalah pemilihan bahan baku yang baik, rasa yang khas dan harga yang kompetitif. Bergabung dengan GoFood sejak 6 tahun lalu, terbukti usaha kami makin berkembang, terlihat dari kenaikan omzet sebesar 5% - 10% tiap tahunnya. Bahkan, ketika pandemi melanda, 60i total penjualan kami berasal dari GoFood,” ungkap Febry. 

Gak cuma itu, Febri mengaku mendapatkan solusi bisnis yang tepat sesuai kebutuhan hingga berhasil menjadi Juara Lokal GoFood. 

Kami semakin bersyukur bisa mendapatkan eksposur yang lebih banyak ke pelanggan loyal GoFood,” tambah Febry.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani