Menu

Gak Perlu ke Toko, Sekarang Kamu Bisa Cobain Make Up Pake Fitur Augmented Reality (AR) Tokopedia: Gak Perlu Khawatir Salah Shade, Deh!

25 Mei 2023 18:30 WIB

Peluncuran fitur Augmented Reality (AR) oleh Tokopedia (Noorma/HerStory)

HerStory, Depok —

Beauty, kini Tokopedia meluncurkan fitur Augmented Reality (AR) terbaru yang memudahkan kamu dalam berbelanja secara online. Melalui fitur AR kamu dapat mencoba berbagai produk makeup, seperti lipstik, foundation dan lain-lain, secara virtual sebelum membeli.

Inovasi teknologi AR Tokopedia hadir berkat kolaborasi bersama mitra strategis demi memberikan nilai tambah pada pengalaman belanja online. Dengan fitur ini kami berharap bisa makin membantu masyarakat mendapatkan produk makeup yang sesuai dengan warna kulit,” ungkap Azzahra Rahmani Ali, selaku Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia.

Untuk mencoba fitur AR Tokopedia, kamu cukup ketik dan klik ‘Virtual Try On’ pada kolom pencarian di halaman utama aplikasi Tokopedia. Pada halaman tersebut, masyarakat bisa mencoba berbagai produk dengan AR bertulisan ‘Cobain barangnya, yuk!’.

Masyarakat juga bisa memilih hingga 4 varian warna produk secara bersamaan sehingga bisa membandingkannya secara lebih praktis. Fitur AR ini dapat dinikmati pengguna Android dan iOS dengan aplikasi Tokopedia versi terbaru,” jelas Azzahra.

Kehadiran fitur terbaru dari Tokopedia merupakan komitmen untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dalam berbelanja online. Apalagi, berdasarkan riset e-Conomy SEA 2022 mengungkapkan sekitar 80% konsumen digital di Indonesia akan meningkat atau setidaknya mempertahankan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

Apalagi, anomali berbelanja make up ataupun produk kecantikan lainnya juga sangat tinggi, lho. Tentu saja kamu ingin mendapatkan barang yang dengan shade yang cocok, bukan?

BPOM mengungkapkan, pada tahun 2022, jumlah pelaku usaha di industri kecantikan di Indonesia tumbuh 20,6i tahun 2021. Peningkatan tersebut didominasi oleh UMKM, yakni sebesar 83%. 

Tokopedia sendiri sudah menjadi rumah bagi lebih dari 12 juta penjual dan hampir 100% UMKM, termasuk yang bergerak di kategori produk Kecantikan dan Perawatan Diri. Layanan kami pun bisa diakses oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia. Berdasarkan data-data itu, artinya potensi industri kecantikan di Indonesia masih sangat besar,” kata Azzahra.

Hal tersebut mendorong Tokopedia menggencarkan berbagai inisiatif demi membantu masyarakat, baik penjual maupun pembeli, menunjang penggunaan layanan digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk akan produk kecantikan dan perawatan diri. Salah satunya, kampanye Tokopedia Beauty,” ujar Azzahra.

Cara penggunaanya sangat mudah sebab kamu hanya perlu mengaahkan wajah ke kamera. Nanti akan muncul wajah kamu di layar dan kamu bisa memilih produk apa yang ingin kamu coba.

Secara virtual akan terlihat tampilan wajah kamu setelah menggunakan produk tersebut, Beauty. Jadi, kamu bisa secara bebas memilih shade produk yang mana yang ingin kamu coba sebelum memutuskan untuk membelinya.

Share Artikel:

Oleh: Noorma Amalia Siregar