Menu

4 Kesalahan Orang Tua Terhadap Anak yang Jarang Disadari, Jangan Diulangi Lagi Ya Moms!

31 Januari 2021 16:30 WIB

Potret Keluarga (Unsplash/Ann Danilia)

HerStory, Bogor —

Merawat buah hati tentu bukan hal yang mudah, setiap orang tua pasti memiliki cara dan mengalami kesulitannya masing-masing. Namun perlu diingat, bahwa bagaimanapun cara mendidiknya, hal itu tak menjadikan orang tua selalu benar ya.

Merangkum dari berbagai sumber, Minggu (31/01/2021), ada beberapa keselahan yang sering dilakukan oleh para orang tua secara tak sadar dalam merawat buah hatinya. Jika kesalahan tersebut tak segera diatasi, tentu saja dapat memberikan dampak yang tak baik bagi si kecil. Kira-kira kesalahan apa saja ya? Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini! 

Memberikan pernyataan negatif 

Perkataan orang tua tentu adalah doa bagi anak-anaknya, oleh sebab itu sangat disarankan agar para orang tua selalu membicarakan hal-hal baik dan menghindari perkataan buruk mengenai buah hatinya. Selain itu, menurut para psikolog, anak-anak cenderung meniru orang tuanya, karena moms dan dads adalah role model bagi mereka. Jadi ketika si kecil sulit diatur, bisa jadi itu adalah cerminan diri kamu lho moms! 

Terlalu mengekang 

Tak sedikit orang tua yang merasa bahwa mereka harus mengatur segalanya untuk kehidupan si buah hati. Hal itu memang benar adanya, namun ada batasannya lho moms. Ketika kamu teralu mengatur, maka kamu akan menjadi orang tua yang otoriter. Sebuah  penelitian di London menyatakan bahwa orang tua yang otoriter dan cenderung mengekang, mereka akan menghasilkan anak-anak yang tak bahagia dan merasa tak puas akan kehidupannya. Tentunya kamu nggak mau kan hal itu teradi pada si kecil?

Membandingkan anak 

Hayoo siapa nih yang sering membanding-bandingkan si kakak dan adiknya? Atau bahkan membandingkan si kecil dengan anak tetangga? Kalau itu kamu, segera hentikan ya moms. Menurut sebuah penelitian, membandingkan anak dapat membahayakannya seumur hidup lho. Tak hanya itu, hal tersebut juga sama saja seperti kamu mengajarkan bahwa hidup itu sebuah kompetisi, sehingga ia akan selalu merasa tak puas akan kehidupannya. Perlu diingat, setiap anak memiliki kemampuan dan kelebihan yang berbeda-beda, jadi jangan membandingkan mereka lagi ya moms! 

Mengabaikan pendapat anak

Cukup banyak orang tua yang merasa bahwa hanya mereka yang harus didengarkan dan tak peduli dengan pendapat buah hatinya. Waduh, hal itu tentu saja nggak baik moms. Jika kamu sering mengabaikan pendapat si kecil, ia akan tumbuh menjadi pribadi yang tak percaya diri, pembangkang, bahkan memiliki kesulitan dalam bersosialisi dengan lingkungannya. 

Nah, itu dia 4 kesalahan yang sering kali dilakukan oleh para orang tua secara tak sadar. Mulai saat ini, jangan diulangi lagi ya moms!