Menu

Jangan Diam Saja! Ini Tanda Jika Pasangan Melakukan Kekerasan Mental!

01 Februari 2021 15:30 WIB

Ilustrasi pasangan suami istri yang bertengkar. (womantalk.com/Edited by Herstory)

HerStory, Bogor —

Membangun hubungan rumah tangga tentu bukan hal yang mudah dan tak ada kehidupan pernikahan yang sempurna. Pastinya akan ada badai perselisihan dan pertengkaran yang terjadi dalam hubungan kalian. 

Eits tapi kamu perlu waspada dan tak boleh berdiam diri ya apabila pasangan melakukan KDRT. Perlu diingat bahwa KDRT tak hanya penyiksaan pada fisik, tapi itu juga bisa terjadi pada mental kamu. Kekerasan mental dapat menghancurkan rasa percaya diri serta menyebabkan depresi lho. Tak bisa dianggap sepele bukan? 

Agar kamu bisa mencegahnya, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa saja bentuk kekerasan mental yang dapat terjadi. Untuk mengetahuinya, simak informasi berikut ini dengan baik ya! 

Posesif, mudah cemburu, dan selalu mengontrol 

Pasangan yang melakukan kekerasan mental cenderung mudah merasa cemburu dan menganggap sikap posesif adalah hal yang baik. Tak sampai disitu, sikap cemburu tersebut lama kelamaan akan berubah menjadi perilaku mengontrol segala aktivitas kamu. Hal itu ia lakukan untuk mengetahui segala aktivitas yang sedang kamu lakukan, bahkan tak jarang mereka mengurangi akses terhadap aktivitas yang kamu sukai. 

Manipulasi dan ultimatum 

Biasanya pasangan seperti ini akan memberikan ancaman yang membuat kamu merasa bersalah agar kamu tetap mau melakukan permintaannya. Contohnya seperti ia mengancam akan bunuh diri atau melukai dirinya sendiri jika kamu tak mau menemuinya. Tak hanya itu, mereka juga sering membuat pernyataan yang tersirat bahwa kasih sayangnya bergantung pada perilaku kamu. 

Membuat lelucon jahat dan mempermalukan 

Jika pasangan kamu kerap memberikan lelucon tentang diri kamu yang merendahkan atau menyakiti hati, tentu saja saat itu ia tengah melakukan kekerasan mental terhadapmu. Kemudian ketika ditegur, ia akan berdalih bahwa itu hanya bercanda dan kamu terlalu serius atau baper. 

Silent treatment 

Hayoo siapa nih yang kerap mendapatkan silent treatment dari pasangan? Atau jangan-jangan malah kamu yang melakukannya? Silent treatment adalah ketika pasangan tak ingin berbicara dengan kamu atau tak menganggap kehadiran kamu. Biasanya hal ini akan terjadi jika salah satu dari kalian melakukan kesalahan dan pasangan kamu berharap kamu menyadarinya sendiri. 

Nah, itu dia 4 hal yang menandakan bahwa pasangan kamu melakukan kekerasan mental. Perlu diingat, bahwa hal itu tak boleh kamu diamkan dan harus segera kamu tangani ya beauty