Menu

Meski Terlihat Sehat dan Gemas, Waspada Orang Gemuk Punya Risiko Kanker Lebih Besar Lho! Kok Bisa Sih?

31 Mei 2023 10:55 WIB

Ilustrasi Kanker Limfoma (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Menurut sebuah penelitian, orang dengan postur tubuh yang gemuk berisiko lebih besar terkena kanker lho Beauty! Padahal secara medis mereka terlihat sangat sehat dan segar.

Hasil penelitian ini menyoroti hubungan antara obesitas dan risiko kanker.

Peneliti menyebutkan bahwa tekanan darah normal, kadar kolesterol, dan gula darah yang terkendali bukan jaminan kesehatan bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Meskipun parameter-parameter tersebut dalam kisaran yang normal, individu dengan postur tubuh gemuk masih memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap masalah kesehatan.

Seperti dilansir dari laman The Sun melalui sindikasi konten Suara.com, para peneliti di Lund University di Malmo, Swedia, mempelajari data kesehatan hampir 800 ribu orang Eropa.

Dari hasil penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa orang gemuk dengan "komplikasi metabolik" paling berisiko.

"Sejumlah besar kasus kanker berpotensi dapat dicegah dengan menargetkan koeksistensi masalah metabolisme dan obesitas," kata penulis studi Dr Ming Sun.

Menurut para peneliti, pria yang sehat secara metabolik dan mengalami obesitas memiliki peningkatan risiko sebesar 67 persen untuk kanker ginjal dan 42 persen untuk kanker usus. 

Namun, hubungan antara kanker pankreas dan kanker rektum tak lagi signifikan secara statistik.

Memiliki kelebihan berat badan, meskipun tak mencapai tingkat obesitas, dapat meningkatkan risiko mengembangkan beberapa jenis kanker darah, seperti myeloma, sebesar 50 persen.

Myeloma adalah jenis kanker yang mempengaruhi sel plasma dalam sumsum tulang.

Yang mengejutkan, penelitian menunjukkan bahwa baik pria yang sehat secara metabolik maupun yang tak sehat dengan obesitas memiliki risiko yang lebih tinggi daripada kelompok yang sama dengan berat badan normal.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza