Menu

Tak Hanya Mempercantik Tampilan, Ini Beragam Manfaat Manicure Pedicure bagi Kesehatan Kuku

02 Februari 2021 11:00 WIB

Perawatan kuku. (pinterest/byrdiebeauty)

HerStory, Bogor —

Beauty, siapa nih yang suka sekali melakukan manicure dan pedicure? Manicure adalah perawatan yang bertujuan untuk membersihkan dan mempercantik kuku jari tangan dan kulit sekitarnya, sedangkan pedicure adalah perawatan terhadap kuku bagian kaki. 

Perlu diingat, bahwa merawat bagian kuku itu sama pentingnya dengan merawat area tubuh lainnya lho beauty, salah satu perawatan yang bisa kamu terapkan yaitu dengan cara melakukan manicure dan pedicure. Selain membuat kuku terlihat cantik, kedua perawatan tersebut juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Untuk mengetahui beragam manfaatnya, yuk simak informasi berikut ini! 

Merawat kutikula 

Kutikula merupakan bantalan kuku yang berupa lapisan kulit berwarna bening yang terletak di bagian kuku jari tangan dan kaki. Kutikula berfungsi untuk melindungi kuku dari bakteri, terutama saat kuku tumbuh. Dengan melakukan manicure pedicure, terapis salon akan memberi pelembab dan merapihkan bagian kutikula dengan hati-hati. 

Merapikan kuku 

Ketika memotong kuku sendiri, mungkin saja kita tak melakukannya dengan rata. Hal tersebut dapat membuat kuku tampak kurang rapi ketika tumbuh. Dengan manicure dan pedicure, terapis salon akan memtong kuku kita dengan rapih sehingga kuku terlihat cantik serta terawat. 

Mengangkat sel kulit mati 

Ketika sering menggunakan kaus kaki dan sepatu yang tertutup, maka hal itu dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Tak hanya itu, sel kulit mati juga dapat terjadi jika kita jarang melakukan eksfoliasi secara teratur. Ketika melakukan pedicure, biasanya terapis akan menggunakan scrub, lilin parafin, atau batu apung untuk mengangkat sel kulit mati sehingga area tersbut menjadi halus dan lembab.

Nah, itu dia beragam manfaat dari manicure dan pedicure. Jika kamu akan melakukannya di salon, pastikan salon yang kamu kunjungi menerapkan protokol kesehatan ya beauty