Menu

Tertarik Terjun Jadi Content Creator? Ini 4 Tips yang Bisa Kamu Lakukan, Cusss Langsung Praktekkin!

02 Juni 2023 08:39 WIB

Acara BincangShopee 6.6 Mega Elektronik Sale: Daya Tarik Kreasi Konten Visual. (Dok. Istimewa/Shopee)

HerStory, Jakarta —

Beauty, saat ini content creator menjadi pekerjaan yang ingin dilakukan dan ditekuni oleh banyak orang. Apa kamu juga ingin terjun menjadi seorang content creator juga?

Content creator banyak diminati karena pada dasarnya otak manusia dapat memproses gambar lebih cepat dibandingkan dengan sebuah teks.

Hal tersebutlah yang menjadikan konten visual sebagai medium yang saat ini sering diandalkan untuk strategi bisnis, baik kreativitas materi untuk sosial media hingga berbagi informasi penting. 

Fungsi visualisasi pada sebuah konten kerap diperhitungkan karena potensi kuat yang dimiliki, serta beragam peluang yang dihadirkan. 

Selain menjadi sarana pemasaran, konten visual menghadirkan banyak kesempatan yang seringkali dimanfaatkan oleh content creator untuk meningkatkan antusiasme melalui sosial media, menambah penghasilan dengan cara review dan spill produk hingga memperkuat interaksi dengan audiens melalui video pendek atau live shopping.

“Konten visual menjadi salah satu bukti nyata bahwa kemajuan teknologi telah menghadirkan sebuah medium yang gak hanya menawarkan kemudahan, tetapi juga ruang berkreasi dan peluang baru," kata Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia pada BincangShopee 6.6 Mega Elektronik Sale: Daya Tarik Kreasi Konten Visual, baru-baru ini.

Dalam kesempatan yang sama hadir pula Dhiarcom, Seleb & Tech Influencer, yang akan membagikan tips-tips untuk terjun dan menekuni dunia content creator.

"Memang bukan perjalanan yang mudah saat saya memutuskan untuk menekuni profesi ini pada tahun 2009, dimana saat itu kemajuan teknologi dan perkembangan sosial media belum semasif saat ini," ungkap Dhiarcom.

Lantas, apa saja tips-tipsnya? Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Tentukan niche sebagai seorang kreator 

Di era modern seperti sekarang, semua orang dapat membuat dan mengunggah konten dengan mudah, hanya perlu smartphone dan koneksi internet saja. 

Maka dari itu, memiliki niche atau DNA yang membedakan konten-mu dari jutaan content creator di luar sana sangatlah penting. 

Jangan takut untuk mengeksplorasi berbagai format, gaya, atau pendekatan sampai menemukan apa yang paling cocok dengan kepribadian dan tujuan kamu sebagai content creator. 

2. Sesuaikan keahlian dan hobi yang kamu punya 

Penting untuk menciptakan konten yang sesuai dengan keahlian atau minat agar dapat memberikan nilai tambah kepada audiens. 

Dengan fokus pada topik atau bidang yang dikuasai, kamu dapat menawarkan wawasan yang berharga dan mengikuti perkembangan serta tren terkini dalam bidang tersebut dengan lebih mudah. 

Ini juga memungkinkan kamu untuk menciptakan konten yang relevan dan bermutu, sehingga audiens bisa mengandalkan kontenmu sebagai sumber informasi yang terpercaya.

3. Konsisten dan terus upgrade kualitas konten 

Konsistensi dalam menghasilkan konten juga merupakan faktor penting karena dapat membantu membangun ekspektasi, kepercayaan, dan hubungan jangka panjang dengan audiens.

Gak hanya konsisten, penting juga untuk terus meningkatkan kualitas konten yang dihasilkan. Untuk tetap relevan dan menarik, penting untuk selalu memperbarui pengetahuan dan keterampilan dalam menciptakan karya yang berkualitas. 

4. Jangan takut memulai & manfaatkan peluang 

Banyak orang merasa ragu dan terhambat oleh ketakutan akan kegagalan atau kurangnya pengalaman. Namun, penting untuk mengatasi rasa takut ini dan memulai langkah pertama. 

Perlu diingat, semua content creator yang sekarang sudah sukses pun pernah ada di titik nol. Terlebih lagi, di era digital ini banyak sekali peluang di sekitarmu yang dapat dimanfaatkan, contohnya kehadiran kampanye Shopee 6.6 Mega Elektronik Sale yang menyediakan sejumlah promo menarik untuk membantu kamu mendapatkan peralatan membuat konten dengan harga lebih terjangkau. 

Selain itu, Shopee Affiliate Program juga memberikan kesempatan bagi para content creator untuk mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus menjadi motivasi untuk senantiasa membuat konten yang kreatif dan menarik. 

Melalui kampanye 6.6 Mega Elektronik Sale yang masih berlangsung hingga 6 Juni, Shopee siap menjadi bagian dari perjalanan pengguna dalam melengkapi kebutuhan produk elektronik dengan akses mudah dan penawaran menarik.

Pada puncak kampanye pada tanggal 6 Juni 2023, pengguna dapat menikmati berbagai promo spesial antara lain:

  • Gratis Ongkir RP0: Pengguna dapat menikmati voucher gratis ongkir tanpa minimum belanja untuk semua toko seharian 
  • Flash Sale Mobil Listrik Rp1: Nikmati flash sale dengan produk spesial pada puncak kampanye 6.6 Mega Elektronik Sale yaitu Mobil Listrik Wuling Air EV yang bisa didapatkan oleh pengguna dengan harga hanya 1 Rupiah. Tentunya ini juga merupakan bentuk kerjasama Shopee dengan Wuling untuk menghadirkan mobil listrik yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Nantikan juga produk Flash Sale RP1 lainnya mulai dari smartphone hingga TV di puncak kampanye 6.6 Mega Elektronik Sale!
  • Voucher Diskon s/d 1 JT: Klaim dan nikmati potongan s/d 1 juta pada tanggal 6 Juni 
  • Gak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan voucher diskon 50% s.d 50RB mulai pukul 00.00, jangan ketinggalan karena voucher sudah bisa di klaim dari 3 jam menuju puncak kampanye 6.6 Mega Elektronik Sale
  • Pada 00.00 akan ada keseruan 7X Flash Sale Smartphone Rp1. Tungguin dan jangan sampai kelewatan

Nah, itulah beberapa tips dan juga berbagai promo spesial dari Shopee. Semoga bermanfaat, ya!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan