Menu

Tips Jitu Hadapi Si Kecil yang Jadi Cengeng Tanpa Marah!

02 Februari 2021 15:30 WIB

Ilustrasi Anak Menangis (Unsplash/Marcos paulo prado)

HerStory, Jakarta —

Si kecil menjadi cegeng terkadang membuat emosi Moms terganggu. Disamping itu, ada juga rasa khawatir yang dirasakan terhadap perkembangan emosianal si kecil. Tak perlu panik ya, Moms! Itu semua dapat diatasi.

Sebelum mengatasinya, Moms perlu mehami penyebab si kecil menjadi cengeng loh. Biasanya si kecil cengeng karena ada sesuatu yang nggak bisa ia lakukan atau si kecil merasa kesepian. Namun itu adalah hal yang wajar sebab cengeng merupakan bentuk reaksi si kecil dalam menunjukkan apa yang dirasakannya.

Moms dilarang memarahinya dengan keras ketika si kecil sedang menangis. Meskipun hal ini ampuh untuk membuat si kecil diam, namun tidak baik untuk perkembangan emosinya ketika dewasa nanti. Si kecil akan terus memendam apa yang dia rasakan, akibatnya dia akan mudah murung dan menjadi pribadi yang tertutup.

Dilansir dari berbagai sumber (02/02/2021), berikut tips jitu yang dapat Moms terapkan dalam menghadapi anak cengeng tanpa marah-marah;

1. Peluk

Sebelum berikan saran dan mengalihkan tangisannya, Moms dapat memeluknya hingga tangisannya mereda. Percayalah, pelukkan Moms sangat ampuh untuk meredakan tangis si kecil. Pelukan seorang ibu juga dapat memberikan kesan aman dan hangat sehingga si kecil gak merasa sendiri dan merasa tenang.

2. Bicarakan dengan Santai Apa Penyebabnya

Setelah tangisnya redam dengan pelukkan, Moms bisa memulai menanyakan penyebabnya. Ajaklah bicara dengan santai mengenai apa yang dia rasakan dan coba lah terima apa yang dikatakannya tanpa menyangkal sedikit pun.

Ada pun kalimat yang dapat Moms katakan kepada si kecil:

“Udah ya nangisnya, kalau gak diceritakan Mama gak ngerti. Adik kenapa?”

“Apa yang adik rasakan, apakah adik kesal, marah, bosan atau sedih?”

Beberapa kalimat itu dapat dilontarkan kepada si kecil. Hal ini bertujuan agar si kecil berani mengugkapkan dengan jelas apa yang dirasakannya. Selain itu, ini juga mmebantu si kecil dalam mengelola emosi.

3. Ajari Si Kecil Meluapkan Emosi

Selain ada penyebabnya, si kecil yang cengeng juga karena memiliki karakter sesitif dan pemalu. Oleh sebab itu, Moms harus mengerti bagaimana karakter si kecil. Agar Moms bisa mengajarkan si kecil cara meluapkan emosi yang tepat.

Bagi si kecil dengan karekter sensitif dan pemalu, Moms bisa mengarjakannya melalui menggambar dan mewarnai. Biasanya lewat warna-warna yang diciptakan ketika menggambar dan mewarnai, emosinya pun akan lepas.

Untuk si kecil yang sebenarnyaaktif dan percaya diri, Moms bisa mengajaknya bernyanyi atau bermain peran agar emosinya terluapkan. Selain itu, hal ini dapat memberikan dampak positif yang baik untuk tumbuh kembang si kecil.

4. Jangan Berikan Reaksi yang Berlebihan

Ketika sedang berada di tempat umum, si kecil sering kali merengek meminta sesuatu namun Moms tidak mengabulkannya. Akibatnya, si kecil akan menangis bahkan meraung-raung di khalayak umum.

Moms, tak perlu panik ya dalam menghadapi situasi ini! Moms dapat meresponnya dengan tenang, mendengar, tangisnya, memberikan pelukan lalu mengalihkan perhatiannya dalam hal lain yang masih dia sukai.

5. Berikan Pujian

Saat tangisan si kecil meredam dan tahu semua permasalahnnya, jangan lupa berikan pujian sebagai bentuk syukur terhadap perkembangannya ya, Moms. Dengan begitu si kecil merasa lebih dihargai dan lebih mudah mengelola emosinya untuk sesuatu yang dirasakannya. Si kecil juga tidak malu mengungkapkan apa yang dirasa, sehingga membuat hubungan Moms dan si kecil semakin harmonis.

Jadi, Tak perlu emosian lagi ya Moms dalam menghadapi si kecil yang cengeng!