Menu

4 Ide Sensory Play untuk Latih Motorik Anak, Bisa Bikin Pakai Bahan-bahan yang Ada di Rumah Lho Moms, Coba Praktekin Yuk!

05 Juni 2023 10:00 WIB

Sensory Play Anak (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, memasuki usia 1 tahun, si kecil semakin aktif, ekspresif, dan rasa ingin tahunya meningkat. Gak cuma perubahan fisiknya saja yang berubah, anak juga mulai menguasai keterampilan motorik baru. 

Nah, melihat perkembangan tersebut, Moms bisa melatihnya menjadi lebih mandiri melalui permainan sensory play. Sebagai informasi, sensory play merupakan permainan yang melibatkan indra si kecil. 

Hal tersebut berkaitan dengan sentuhan, bau, penglihatan, suara, dan rasa. Nah, melalui permainan ini, gerakan, keseimbangan, dan kesadaran spasial anak akan terlatih. 

Selanjutnya, perkembangan si kecil semakin meningkat untuk memvisualisasikan suatu objek, yakni memahami perspektif ruang dan dimensi.

Melansir dari What to Expect, Senin (5/6/2023) sensory play, keterampilan motorik si kecil, seperti mencubit, memutar, dan menuang akan terlatih dan menyempurnakan otot-otot kecilnya, terutama di jari dan tangan. 

Gak cuma itu Moms, melalui sensory play, kemampuan kognitif anak, seperti mendengar, dan merasakan akan memperluas proses berpikir.

Nah, sensory play ini bisa Moms buat di rumah, dengan bahan-bahan alami sehingga aman jika terkena kulit atau gak sengaja tertelan si kecil.

Simak pada halaman selanjutnya!

Berikut ini rekomendasi sensory play yang seru untuk anak, sebagaimana sudah HerStory kutip dari Healthline. 

1. Sensory Play Mie

Moms, cara membuat sensory play ini adalah dengan merebus sebungkus mie, dan dinginkan. Selanjutnya, letakkan di wadah plastik, lalu biarkan anak bermain sepuasnya.

Tekstur mie yang kenyal dan lengket dapat membantu memberikan pengalaman baru pada indra perasa si kecil. Bentuknya yang memanjang juga bermanfaat memberi pengetahuan terkait bentuk. 

2. Sensory Play Sagu

Sensory play selanjutnya adalah menggunakan adonan sagu. Moms hanya cukup mengambil sagu kemudian beri sedikit air untuk menghasilkan tekstur kental dan kenyal. 

Lalu, bebaskan anak bermain-main dengan tepung. Si kecil akan berkreasi membuat cetakan jarinya sendiri dengan sagu. Nah Moms, jenis sensory play ini baik untuk melatih keterampilan seni anak.

3. Sensory Play Lukisan Sidik Jari

Nah, ide sensory play ini harus dipersiapkan dengan ekstra Moms. Pastikan anak berada di kolam karet atau bak yang luas, supaya gak belepotan ke mana-mana ya Moms. 

Sebab, sensory play ini menggunakan pewarna cat air, untuk menghasilkan lukisan sidik jari dari tangan anak. Si kecil akan bereksperimen merasakan sensasi dingin pada cat air saat melukis. 

Moms bisa ajak anak menempelkan jarinya yang sudah dicelupkan cat air ke kertas karton atau kanvas untuk menyimpan karyanya.

4. Sensory Play Kertas Basah

Nah, sensory play ini juga mudah untuk dibuat, Moms. Caranya dengan mengisi nampan dengan air, lalu sediakan beberapa potongan kertas untuk dicelupkan oleh anak. 

Pertama, anak akan melihat perubahan kertas yang kering kaku menjadi basah dan lembek. Ia juga akan merasakan tekstur baru yang dihasilkan dari kertas basah.

Artikel Pilihan