Menu

Kamu Suka Gengsi untuk Minta Maaf? Coba Alternatif Ini Yuk!

03 Februari 2021 15:25 WIB

Kata-kata meminta maaf (Freepik)

HerStory, Bandung —

Manusia pasti punya kesalahan, baik yang disengaja atau pun enggak disengaja. Ketika telah melakukan kesalahan, kamu harus meminta maaf supaya kesalahanmu itu enggak membuat orang lain kecewa dan sedih.

Namun, bagi sebagian orang meminta maaf adalah hal yang sulit. Terkadang orang merasa gengsi untuk minta maaf duluan. Padahal, kata maaf sangat penting bagi hubungan antar manusia. Hubungan dengan kekasih, suami atau istri, anak, orang tua, rekan kerja atau siapa pun.

Kalau kamu ragu untuk mengucap maaf, kamu bisa menunjukkan penyesalanmu dalam bentuk lain. Dikutip dari Bustle (03/02/2021), Kamu bisa melakukan cara-cara non-verbal untuk menunjukkan kamu menyesal dan ingin memperbaiki hubungan seperti berikut ini.

Menulis surat

Ketika kata maaf yang keluar dari mulut tidak cukup, kamu bisa menuliskannya. Ungkap dan curahkan perasanmu lewat tulisan tanganmu. Ya, sebaiknya tulis surat yang kamu kirim menggunakan tulisan tanganmu.

Tulisan tangan menunjukkan kalau kamu benar-benar serius. Ada sentuhan yang sangat personal di setiap surat dengan tulisan tangan. Kamu bisa membubuhkan stiker atau menempel sesuatu kesukaan orang yang kamu lukai.

Membantu

Kalau orang yang kamu bikin sedih adalah sahabat atau ibu, mungkin bisa membantu mereka. Cara yang paling sederhana, kamu bisa membelikan temanmu makanan atau minuman untuk membantu meringankan perasaanya yang mungkin sedang terluka.

Nah, kalau ibu, mungkin kamu bisa membantunya membawa belanjaan saat dia pasar atau supermarket. Kamu juga bisa melakukan beberapa pekerjaan rumah yang bisa kamu atasi.

Makan enak

Mengajak seseorang makan enak bisa jadi obat jitu. Apalagi kalau orang yang kamu buat sedih suka makan. Kamu bisa mengajaknya ke tempat favoritnya atau ajak tempat baru yang lagi populer di kotamu.

Kejutan

Kamu bisa memberi kejutan. Kejutan bentuknya bisa apa saja, misalnya membuat kue dengan tulisan "maaf" atau mungkin membelikan barang kesukaannya.