Menu

Gak Melulu Obat Kimia, 6 Alternatif Sembuhkan Asam Urat yang Aman Bagi Tubuh

06 Juni 2023 11:30 WIB

Ilustrasi kaki kesemutan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, penyakit asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri tak tertahankan dan pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Biasanya asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal asam nurat pada sendi. Kondisi ini bisa terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat.

Atau fungsi ginjal dalam membuang asam urat gak bekerja dengan baik sehingga membuat kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi.

Tak hanya orang dewasa, remaja pun bisa mengalami asam urat. Agar terhindar dari asam urat, tak ada salahnya untuk menerapkan pola hidup sehat mulai sekarang.

Mengutip Cleveland Clinic, asam urat membuat kamu mengalami rasa sakit dan bengkak pada satu atau lebih sendi, terutama di jempol kaki.

Bila asam urat tak diatasi sejak dini, maka bisa menyebabkan kerusakan sendi permanen. Penumpukan asam urat di persendian dan jaringan lunak disebut tophus.

Beberapa penderita asam urat juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti radang sendi parah, batu ginjal, dan penyakit jantung.

Tak melulu sembuh karena obat kimia, Beauty bisa lho atasi asam urat dengan bahan alami yang aman bagi tubuh, salah satunya dengan beberapa obat alami berikut ini, mengutip dari The Healthy:

1. Ceri

Ceri memiliki sifat antioksidan yang sangat baik menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit asam urat. Ceri juga membantu mengurangi peradangan dan asam urat karena mengandung anthocyanin.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat alami untuk meredakan asam urat. Salah satu cara untuk mengkonsumsi jahe adalah dengan memasukkan ke dalam masakan sebagai bumbu penyedap.

Cara lain adalah dengan menambahkan setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam air mendidih dan meminum campuran itu setelah menjadi hangat.

Pilihan lainnya adalah dengan meramu jahe menjadi obat oles. Caranya dengan mencampur bubuk jahe dengan air hingga menjadi pasta, lalu mengoleskannya ke daerah yang terkena asam urat.

Kamu perlu membiarkannya selama sekitar 30 menit.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah salah satu bahan yang dapat menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit asam urat. Keasaman dari cuka mampu membantu mengurangi rasa nyeri dan mengurangi peradangan yang terjadi.

Untuk kamu yang ingin menggunakan obat alami ini, disarankan untuk menambahkan satu sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air dan minum 2-3 kali sehari.

4. Pisang

Pisang yang mungkin menjadi makanan rumahan biasanya nyatanya bisa menjadi obat alami untuk mengatasi asam urat.

Tingginya kadar potasium pada pisang mengubah kristal asam urat dalam tubuh menjadi cair, yang kemudian akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk air kencing.

Pisang juga mengandung vitamin C, yang dapat membantu mengurangi asam urat. Selain itu, pisang merupakan makanan anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan yang terjadi karena penyakit asam urat.

5. Apel

Sebuah apel sehari dapat meringankan penyakit asam urat kamu, sehingga mengurangi intensitas kamu bolak-balik ke dokter.

Hal itu karena apel mengandung asam malat yang akan mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri hebat sebagai gejala asam urat. Asam malat menjadikan apel salah satu obat alami untuk mengatasi asamurat yang paling optimal.

6. Air lemon

Cara terbaik untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan dari asam urat adalah dengan mengurangi kadarnya dalam aliran darah.

Lemon adalah buah lainnya yang dapat kamu manfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi asam urat. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan air lemon menjadi obat alami penyakit asam urat.

Air lemon dari satu buah utuh dapat kamu campur dengan setengah sendok teh soda kue. Setelah desisnya berhenti tambahkan itu ke segelas air dan segera minum.

Cara lainnya adalah menambahkan air lemon ke segelas air putih dan minum sekitar tiga gelas sehari.

Selamat mencoba!