Menu

4 Jenis Olahraga yang Bisa Turunkan Kadar Kolesterol, Pratekin Yuk Beauty!

06 Juni 2023 17:00 WIB

Pria dan wanita yang berotot. (pinterest/freepik

HerStory, Jakarta —

Beauty, belakangan ini kolesterol tak hanya menyerang orang dewasa namun juga anak muda. Hal tersebut lantaran pola hidup yang gak sehat, seperti kerap mengonsumsi makanan instan, makanan siap saji, berlemak tinggi dan manis.

Dikutip dari Cleveland Clinic, kolesterol dibagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol baik dan jahat. Kolesterol baik (HDL) yang membantu menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dari aliran darah kita untuk membantu organ kita berfungsi dengan baik.

Kadar kolesterol LDL yang tinggi dapat merusak arteri seseorang. Kadar kolesterol yang tinggi bisa membuat orang terkena penyakit jantung, serangan jantung, meningkatkan risiko stroke, dan penyumbatan arteri.

Nah Beauty, dirangkum HerStory, berikut beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol.

1. Jalan santai

Agar bebas dari masalah persendian, Beauty gak perlu melakukan treadmill dengan kecepatan penuh. Beauty cukup melakukan olahraga jalan cepat atau bahkan santai.

Mulailah dengan berjalan santai di sekitar blok, berjalan lebih jauh lalu jogging lambat. Gak cuma kolesterol yang turun tetapi juga bisa menurunkan tekanan darah.

2. Bersepeda

Bersepeda mampu menurunkan kolesterol seseorang. Aktivitas yang satu ini mungkin banyak diminati sebagian orang karena menyenangkan. Selain itu, bersepeda dapat membakar kalori sebanyak jogging.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menemukan sepeda berukuran tepat dan nyaman agar Beauty bisa rutin melakukannya.

3. Berenang

Jika berjalan, berlari, dan bersepeda terbukti terlalu sulit untuk dilakukan, berenang dapat mengatasi masalah kolesterol dengan efektif.

Saat Beauty melakukan beberapa putaran di kolam renang, maka seluruh tubuh bergerak. Sehingga berenang disarankan untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

4. Yoga

Yoga menjadi salah satu pilihan olahraga yang baik dilakukan agar bisa menjaga kesehatan jantung. Pertama, mulailah dengan perlahan. Kedua, tetap terhidrasi.

Ketiga, lakukan dengan penuh kenyamanan. Keempat, lakukan dengan konsisten. Kelima, tetaplah termotivasi untuk melakukan yoga.

Nah Beauty, itu dia beberapa rekomendasi olahraga yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Selamat mencoba!