Menu

Beauty Tahu Gak? Ternyata Perasaan Stres Bisa Jadi Pemicu Ruam Kulit Lho... Simak Yuk Penjelasan dari Ahli!

07 Juni 2023 10:05 WIB

Ruam kulit. (Press Release/ZAP Clinic)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tahukah kamu bahwa kesehatan mental dan kesehatan fisik saling terakit satu sama lain. Bahkan rasa cemas yang berlebih bisa membuat kulit menjadi gatal dan ruam atau biasa disebut dengan anxiety anxiety rash. 

Dikutip dari Psych Central, anxiety rash atau biasa juga disebut dengan stress rash muncul saat tubuh melepaskan hormon histamin sebagai respons terhadap stres.

Histamin dalam hal ini menyebabkan gejala reaksi alergi yang kemudian membuat kulit jadi terasa gatal. 

"Ruam karena stres adalah peradangan kulit yang dapat dipicu oleh stres," kata Debra Jaliman, MD, dokter kulit berbasis di New York yang dikutip dari Health.

"Jika kamu berada di bawah banyak stres, kamu bisa merasakan gatal-gatal, misalnya, atau kamu bisa mengalami eksaserbasi ruam kulit yang sudah kamu alami," sambung dr Debra.

Studi menunjukkan, ketika seseorang dengan kondisi gatal kronis melihat gambar yang membuat stres, seperti ular yang bersiap menyerang atau seseorang ditarik dari gedung yang terbakar bisa membuat tingkat keparahan gatal meningkat.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa wanita sehat tanpa kondisi gatal kronis melaporkan sensasi gatal yang lebih besar akibat reaksi histamin saat mengalami emosi negatif dari klip film yang membuat mereka stres.

Gejala yang ditimbulkan hampir mirip dengan penyakit kulit lainnya. Namun, ada beberapa tanda khas yang bisa menjadi gejala anxiety rash antara lain:

Gatal

Dikutip dari Very Well Mind ruam yang muncul bisa gatal atau bahkan membuat sensasi terbakar atau menyengat.

Merah atau bercak

Bercaknya juga bisa bervariasi warnanya. Biasanya, berwarna kemerahan. 

Bengkak

Kulit akan membengkak di beberapa bagian dan bentuk serta ujungnya terlihat jelas. Pembengkakan juga dapat terjadi di bawah kulit, yang disebut angioedema.

Biasanya muncul di bagian atas tubuh

Ruam kemerahan dapat muncul di mana saja. Namun, untuk anxiety rash biasanya muncul di wajah, leher, dan dada.

Dimulai dari ruam kecil

Ruam biasanya muncul seperti benjolan merah kecil seperti ruam biasa namun seiring waktu ruamnya muncul lebih besar ketika digaruk. 

Ketika rasa gatal muncul, mungkin kamu ingin segera menggaruknya. Sayangnya, tindakan ini bisa memperburuk keadaan.

Dikutip dari Fobes, menggaruk bercak merah karena anxiety rash dapat meningkatkan kadar histamin, zat kimia yang dilepaskan oleh sistem kekebalan saat menghadapi alergen (seperti makanan atau serbuk sari tertentu). 

Dikutip dari Medical News Today, ruam yang terjadi karena kecemasan umumnya gak berlangsung terlalu lama.

Ruam biasanya sembuh dalam 24 jam, dan perawatan topikal dapat membantu mengurangi ruam dan gejala yang gak nyaman.