Menu

Ingin Punya Anak Penurut? Moms Perlu Lakukan Hal Ini!

03 Februari 2021 18:15 WIB

Ibu sedang membacakan dongeng untuk anak (annarborfamily.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Anak-anak dapat menjadi apapun sesuai dengan apa yang diajarkan oleh orang tua kepada mereka. Apalagi di masa perkembangannya, setiap gerakan orang dewasa pasti akan mereka tiru dan enggak bisa membedakan mana sifat baik dan buruk.

Maka dari ibu, Moms sebaiknya selalu melakukan hal-hal baik dan selalu bertindak positif di depan anak agar mereka dapat meniru yang baik-baiknya saja. 

Pada dasarnya, anak-anak akan mendengarkan instruksi sesuai apa yang diucapkan dari orang tua mereka. Enggak ada anak yang terlahir sebagai pemalas atau pembangkang, semua bergantung kepada pola asuh dari orang tua.

Dr. Adi W. Gunawan, CCH mengajak Moms untuk selalu bertindak positif dalam tutur kata. Seperti memberikan instruksi yang baik dan benar agar anak-anak juga dapat mengerjakan sesuatu yang benar.

Ketika orang tua mengatakan hal negatif, maka anak juga akan mengerjakan sesuatu yang negatif pula. Karena pada dasarnya, semua anak adalah penurut.

"Anak main game, enggak mau belajar. Seharusnya orang tua mengatakan, 'udah gamenya berhenti ya, belajar ya sekarang ya. Habis belajar baru boleh main game lagi,'" ujar Dr. Adi.

Anak akan dengan mudah mengikuti instruksi baik-baik yang menuntun mereka untuk menyudahi apa yang harus disudahi dan mulai mengerjakan sesuatu yang lain. 

Hal tersebut akan berbeda jadinya dengan pola asuh orang tua yang belum apa-apa sudah tersulut emosi dan berkata sarkas kepada anak.

"'pinter... bagus... teruskan nonton tivinya ya... terus...' anaknya nurut gak? Nurut, dilanjut nonton tivinya," kata Dr. Adi dikutip dari salah satu video dalam kanal Taman Benih Foundation.

"Jadi ini ada penurut tapi bermasalah. Bermasalah karena siapa? Karena orang tuanya," pungkasnya.

Sebagai orang tua, Moms juga tetap harus banyak belajar dalam mengasuh anak dengan pola asuh yang baik. Jangan pernah takut untuk belajar ya, Moms!