Menu

Duh, Kantong Kering Padahal Masih Tanggal Muda! Begini Tips Siasatinya Agar Bertahan Hingga Akhir Bulan

03 Februari 2021 18:45 WIB

Ilustrasi orang sedang mengitung uang (Unpslash/Artem Beliakin)

HerStory, Jakarta —

Duh, awal bulan tapi lihat saldo rekening kok kantong sudah kering ya? Apakah bisa bertahan sampai akhir bulan nanti?

Terkadang, kamu tak sadar membelanjakan banyak barang atau mengabiskan uang gajianmu untuk sesuatu hal yang sebenarnya gak terlalu penting ketika uang gajian baru turun. Wajar saja kok! Tapi jangan sering diulangi lagi ya. Kalau gitu, gimana bisa keuanganmu sejahtera sampai akhir bulan?

Jika sudah terlanjur seperti itu di bulan ini, kamu bisa siasati uang yang masih ada untuk keperluan kamu hingga akhir bulan nanti. Terpenting, jangan langsung gunakan uang tabungan ya!

Kamu boleh saja menggunakan uang tabungan tapi hanya untuk keperluan yang benar-benar mendesak saja ya. Jangan sampai tabunganmu juga ikut ludes begitu saja untuk sesuatu hal yang gak perlu-perlu banget. Bukannya sejahtera, malah menimbulkan masalahbaru.

Dilansir dari berbagai sumber (03/02/2021), berikut tips cara menyiasati kantong kering di tanggal muda:

1. Hitung Pengeluaran

Hal yang pertama bisa kamu lakukan adalah menghitung berapa banyak pengeluaran kamu dalam seminggu ini. Ini bisa jadi bahan kamu intropeksi diri dan acuan untuk berhemat.

Pastikan kamu menyimpan struk atau mencatat semua pengeluaran di note atau ponsel ya. Jika tidak ada, kamu masih bisa tetap menghitungnya dengan mengingat-ngingat harganya melalui barang yang telah kamu beli.

Jadi sudah berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk hal-hal yang tidak penting di bulan ini? Jangan diulangi lagi ya!

2. Buat Daftar Keperluan Baru

Jika sudah intropeksi diri, Buatlah rencana yang matang dengan sisa uang kamu. Kamu bisa mengawalinya dengan daftar keperluan baru. Mengapa tidak menggunakan yang lama? Daftar keperluan lama pasti masih terdapat keperluan yang sebenarnya gakpenting, kalau kamu kembali menggunakan itu, yakin masalah yang sama akan terulang lagi deh.

Buatlah daftar keperluan baru. Kalau kamu bingung, kamu bisa lihat daftar keperluan kamu yang lama, lalu coret hal-hal yang tidak terlalu penting, misalnya hangout di coffee shop di waktu weekend. Kamu bisa mengalihkannya dengan membuat kopi di rumah sambil menonton film kesukaan, bukannya lebih nikmat dan juga hemat.

3. Kerja Lebih Keras

Jika kantormu memberikan bonus tambahan saat lembur yang bisa cair dengan cepat, kamu bisa menyisatinya dengan hal ini.

Keadaan saldo rekening yang tak lagi bagus, jangan membuat kamu malas bekerja ya, justru itu bisa jadikan acuan untuk kamu lebih semangat kerja. Syukur-syukur kamu bisa dapet tambahan bonus dari atasan kamu karena kinerjamu yang bagus. Hal ini baik loh untuk keuangan kamu dibulan selanjutnya.

4. Berani Menolak Ajakan Main

Walaupun kamu butuh hiburan di akhir pekan, kamu juga harus memanfaatkan hiburan dengan baik ya. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di rumah yang tidak memerlukan banyak uang. Ingat keuangan kamu sedang tidak baik-baik saja!

Kalau bisa kurangi main keluar rumah atau hal yang menghabiskan banyak uang ya. Kamu bisa menolak ajakan main di luar dengan tegas. Jangan sampai memaksakan bermain, tetapi gak punya uang lebih. Alhasil kamu menggunakan uang tabungan atau minjam uang teman. Kamu perlu ingat, mengutang bukanlah jalan terbaik apa lagi buat suatu hal yang tidak terlalu penting.

5. Gunakan Waktu Akhir Pekan dengan Memasak

Terkadang saking lelahnya bekerja, jika akhir pekan tiba rasa malas menghampiri. Biasanya kamu hanya berleha-leha di kasur dan malas untuk melakukan aktivitas yang lainnya, hingga untuk makan pun kamu deliverry online. Hal ini jangan sering diulangi ya.

Kamu dapat healing di akhir pekan dengan memasak loh. Selain menghemat keuangan, memasak juga meningkatkan kreatiftas dan membunuh rasa lelah serta pikiran-pikiran negatif yang dapat menimbulkan masalah baru.

Jadi, sudah siapkan bertahan hidup dengan keuangan yang menipis sampai akhir bulan nanti? Jangan lupa untuk selalu menabung ya jika hari gajian nanti tiba.