Menu

Catat! 10 Camilan Sehat untuk Diet yang Enak, Aman Dikonsumsi Malam Hari Lho, Favoritmu yang Mana?

07 Juni 2023 23:25 WIB

Telur Rebus (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Diet bukan berarti kamu gak dapat makan camilan favorit, lho. Pasalnya, ada beberapa camilan sehat untuk diet yang enak dan aman dikonsumsi di malam hari.

Camilan sendiri merupakan makanan dalam porsi kecil yang dimakan di antara dua waktu makan. Camilan berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh selama jeda menuju makan besar. Gak langsung membuat gemuk, konsumsi camilan tergantung pada jenis dan jumlahnya.

Berikut ini beberapa camilan sehat untuk diet yang aman dan gak membuat kenaikan berat badan, bahkan saat dikonsumsi di malam hari.

1. Buah Beri

Buah-buahan jenis beri seperti strawberry, cranberry, blackberry dan blueberry termasuk camilan sehat untuk diet di malam hari. Bahkan buah-buahan tersebut memberikan manfaat kesehatan bagi para pengidap diabetes dan kondisi metabolisme lainnya.

Buah beri diketahui kaya akan vitami C, asam folat, serat dan fitokimia anti-inflamasi. Terutama untuk jenis cranberry dapat membantu mengatasi infeksi saluran kemih.

2. Kacang-kacangan

Kacang almond, mete, kenari dan kacang tanah merupakan beberapa contoh kacang-kacangan yang aman untuk dijadikan camilan sehat untuk diet di malam hari. Kacang-kacangan tersebut memiliki kalori yang rendah sehingga tidak akan menimbulkan berat badan.

3. Dark Chocolate

Bukan chocolate dalam es krim atau biskuit, disarankan untuk konsumsi dark chocolate murni. Dark chocolate adalaha penawar alami yang ampuh untuk menekan rasa untuk konsumsi makanan manis. Kandungan 80 persen kokoa dalam dark chocolate terbukti menekan rasa lapar juga kenyang yang lebih lama.

4. Telur Rebus

Camilan sehat untuk diet selanjutnya yakni telur rebus. Telur rebus kaya akan protein sehingga mampu menahan rasa lapar dalam waktu yang lama. Selain itu, telur rebus juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Konsumsi telur rebus secara rutin bahkan dapat membentuk otot.

5. Pisang

Buah pisang dapat menjadi solusi seseorang yang insomnia atau sulit tidur. Memakan pisang berukuran sedang dan tidak terlalu matang dapat meningkatkan hormon melatonin untuk mempercepat proses tidur. Gak perlu takut gemuk, pisang dijamin aman untuk dikonsumsi sebelum tidur.

6. Yoghurt

Yoghurt menjadi camilan sehat untuk diet selanjutnya. Yoghurt murni tanpa rasa atau greek yoghurt yang dipadukan dengan buah-buah jelas sangat sehat untuk dikonsumsi di malam hari. Selain menahan rasa lapar, yoghurt juga mampu membersihkan pencernaan.

7. Biji Chia

Biji chia menjadi salah satu menu diet yang viral dan sangat aman dikonsumsi di malam hari. Kandungan serat dan asam omega-3 dalam biji chia sangat baik bagi tubuh. Nggak hanya dikonsumsi secara utuh, biji chia juga dapat menjadi campuran smoothie bowl, puding dan yoghurt.

8. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat yang ampuh untuk menekan rasa lapar hingga sekitar dua tiga jam setelah dikonsumsi. Tidak hanya memperlambat proses pencernaan, oatmeal juga dapat mengatasi sembelit.

9. Kiwi

Camilan sehat untuk diet selanjutnya kiwi. Buah kiwi memiliki kandungan air, serat dan vitamin C. Kiwi juga mengandung serotonin yang mampu membuat tubuh lebih relaks, sehingga tidur terasa lebih nyaman di malam hari. Nutrisi yang terkandung di dalam buah kiwi dijamin tidak membuat gemuk.

10. Protein Smoothie

Protein smoothie yaitu mencampurkan bahan makanan yang mengandung banyak kandungan protein sehingga terasa lebih kenyang. Berbeda dengan smoothie pada umumnyaa. Dengan mencampurkan susu kedelai sebagai sumber protein dengan beberapa buah seperti mangga, macam-macam beri, kiwi atau pisang.

Itulah 10 camilan sehat untuk diet yang aman dikonsumsi di malam hari. Beauty suka yang mana, nih?

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya

Artikel Pilihan