Menu

Ini 10 Istilah MPASI yang Haru Moms Kenali Agar Gak Bingung!

03 Februari 2021 22:30 WIB

MPASI Bayi.(Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, tak terasa ya si kecil sudah beranjak enam bulan, tandanya akan memasuki fase MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Moms sudah bisa mulai mempersiapkannya dari sekarang loh. Terlebih dahulu yuk kenali istilah-istilah MPASI!

Walaupun sudah bisa diberi MPASI, jangan sembarangan menyuapinya dengan berbabagai macam makanan ya Moms. Si kecil yang masih lemah pencernaan harus diberikan makanan dengan gizi yang tepat dan seimbang. Alangkah baiknya, sebelum memberinya makan, kenali dulu berbagai macam istilah MPASI. 

Dilansir dari berbagai sumber (03/02/2021), berikut 10 Istilah MPASI yang harus Moms ketahui:

1. EVOO 

Terasa asing ya Moms dengan kata EVO. EVOO merupakan Extra Virgin Oil, salah satu jenis minyak zaitun yang berwarna hijau gelap dan memiliki bau khas zaitun yang kuat. EVOO biasanya digunakan untuk dressing makanan. 

Moms dapat mencampurkannya langsung pada makanan bayi. EVOO berfungsi sebagai lemak tambahan pada MPASI 

2. ELOO

ELOO atau Extra Light Olive Oil ialah minyak zaitun yang berwarna kuning dan memiliki aroma yang lembut. Biasanya ELOO digunakan untuk menumis atau menggoreng bahan makanan untuk si kecil. 

3. EVCO 

Ada juga EVGO atau Extra Virgin Coconut Oil adalah minya zaitun yang digunakan sebagai campuran makanan pada makanan. Biasanya digunakan untuk menumis atau menggoreng makanan serta digunakan sebagai campuran salad atau kue.

4. UB 

Kependekan dari UB adalah Unsalted Butter yang merupakan mentega tawar. Selain EVOO, Moms juga bisa menambahkan UB pada MPASI sebagai tambahan lemak. 

5. Karbo 

Karbo atau yang biasa Moms kenal dengan karbohidrat adalah sumber makanan yang mengandug karbohidrat dalam MPASI. Moms bisa menggunakan beras, oatmeal, jagung, kentang, atau umbi-umbian

6. Prohe 

Asing sekali ya dengan kata Prohe. Kepanjangan Prohe adalah protein hewani. Moms bisa menggunakan daging merah, unggas, ikan, telur atau hati ayam. 

7. Prona 

Jika Prohe adalah protein hewan, begitupun Prona yaitu protein nabati yang bersumber dari tumbuhan. Moms bisa menambahkan tempe, tahu, atau produk kacang-kacangan lainnya sebagai MPASI. 

8. Menu 4 Bintang 

Menu 4 Bintang adalah menu MPASI yang memenuhi unsur karbohidrat, protein hewani, protein nabati, serta buah dan sayur. 

9. Yampung 

Yaampun, ternyata Yampung tuh kependekan dari ayam kampung, Moms.

10. No GulGar 

Pasti Moms sudah bisa tebak kan No GulGar itu apa? Yaps! No Gula Garam. Resep MPASI tidak memerlukan gula dan garam ya Moms! Hal ini disebabkan ginjal bayi di bawah umur satu tahun masih sulit mencerna garam. Disamping itu, mengkonsumsi sejak kecil dapat memicu obesitas dan diabetes. 

Nah, Moms sudah tahu kan sekarang istilah MPASI yang lucu-lucu itu. Persiapkan mental dan mood yang baik ya Moms dalam memberikan MPASI pada si kecil.

Share Artikel:

Oleh: Rifani Indrianti