Menu

Waspada Moms! Gak Cuma Orang Dewasa, Anak-anak Juga Bisa Alami Obesitas, Kira-kira Apa Sih Penyababnya? Simak Di Sini Ya...

08 Juni 2023 09:40 WIB

Ilustrasi anak mengalami obesitas. (Pinterest/unitedwayoc.org)

HerStory, Jakarta —

Moms, belakangan banyak orangtua yang khawatir lantaran berat badan anak di luar batas wajar atau obesitas.

Pasalnya, pola hidup yang gak sehat, kurang olahraga dan sering mengonsumsi makanan siap saji menjadi salah satu faktor penyebab anak alami obesitas.

Moms, menurut dr. Dana Nur Prihadi, Sp.A (K)Konsultan Endokrinologi Anak Eka Hospital Cibubur,  ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko anak menjadi obesitas, antara lain:

1. Genetik

Jika Moms atau keluarga memiliki riwayat obesitas, maka ada kemungkinan anak akan mengalami obesitas. Terutama jika keluarga Moms terbiasa dengan gaya hidup yang gak sehat.

2. Pola makan yang gak teratur

Anak memiliki risiko lebih besar mengalami obesitas jika mereka memiliki pola makan yang gak teratur sejak dini. Makanan tinggi akan kalori, gula, hingga lemak dapat meningkatkan risiko anak mengidap obesitas

3. Kurangnya aktivitas fisik

Cara yang paling efektif untuk membakar kalori berlebih adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Sehingga jika anak gak terbiasa untuk melakukan aktivitas fisik, ini dapat meningkatkan risiko mereka untuk mengidap obesitas.

4. Pengaruh psikologis

Anak dengan kondisi psikologis yang terganggu bisa saja mengembangkan kebiasaan yang bisa menyebabkan obesitas.

Penelitian mengungkap anak yang memiliki tingkat stres dan kecemasan tinggi membuat mekanisme menenangkan diri dengan mengonsumsi makanan berlebih yang dapat meningkatkan risiko obesitas.

Pengaruh Obesitas pada Anak

Obesitas sudah pasti dapat berisiko menyebabkan masalah kesehatan fisik pada anak. Beberapa gangguan kesehatan tersebut bahkan bisa mereka idap hingga mereka dewasa nanti, beberapa di antaranya:

  • Asma
  • Apnea tidur
  • Diabetes tipe 2
  • Darah tinggi (hipertensi)
  • Kolesterol tinggi
  • Penyakit jantung

Selain itu, obesitas juga memiliki risiko terkena gangguan kesehatan mental, seperti bullying, rasa percaya diri yang rendah, hingga depresi.

Artikel Pilihan