Menu

Bye Ketombe! Ini 5 Bahan Alami yang Nampol Bikin Kulit Kepala Bersih, Gak Malu dan Bau Lagi Deh Beauty!

09 Juni 2023 04:30 WIB

Rambut yang berketombe. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Masalah rambut yang paling sering dirasakan banyak orang adalah ketombe. Kamu pernah merasakannya gak? Biasanya, mereka yang mengalami masalah ini akan sangat tak percaya diri.

Namun jangan khawatir ya! Berikut ada deretan bahan alami yang mampu menyelesaikan masalah ketombe dengan mudah yang bisa kamu coba. Simak yuk Beauty!

Dokter kulit dan konsultan estetika Rinky Kapoor menuturkan terdapat beberapa bahan alami yang mudah didapatkan dan efektif untuk menyelamatkan kulit kepala dari ketombe.

“Ketombe bisa merusak kulit kepala dan bahkan menyebabkan kerontokan rambut,” tuturnya seperti dikutip dari Healthshots, Jumat (9/6/2023).

Dr. Kapoor juga menambahkan ketombe semacam infeksi jamur yang bisa disebabkan terlalu keras saat berkeramas, stres, dan kurang merawat rambut. Selain itu, tak menutup kemungkinan saat memasuki musim dingin bisa memperburuk ketombe karena pH kulit yang tak seimbang lantaran kulit kepala yang kering dan rentan iritasi.

Berikut ini 5 bahan alami yang bisa Beauty lakukan di rumah untuk mengobati masalah ketombe dengan mudah dan pastinya ampuh, disimak ya Beauty!

1. Minyak Kelapa dan Lemon

Mengombinasikan dua bahan ini ternyata mampu mencegah dan menghilangkan ketombe. Sebab asam sitrat yang terkandung pada lemon bisa membersihkan kulit kepala kemudian dibantu dengan minyak kelapa untuk menustrisikannya.

Caranya pun cukup mudah, campurkan dua sendok makan minyak kelapa hangat dicampur dengan dua sendok makan perasan lemon. Pijat lembut pada rambut biarkan selama 20 menit sebelum keramas.

2. Minyak Almond dan Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan solusi terbaik dalam mengatasi ketombe karena memiliki sifat antijamur dan antimikroba. Sementara minyak almond mampu membantu menyeimbangkan jamur penyebab ketombe. Tentunya kombinasi yang sempurna untuk menyelamatkan rambut dari ketombe.

Kamu bisa mencampurkan dua tetes tea tree oil dengan 50ml minyak almond, pijat lembut pada kepala biarkan selama 30 menit lalu cuci dengan sampo.

3. Lidah Buaya dan Mimba

Mungkin kamu masih cukup asing dengan daun mimba karena masih cukup jarang ditemui di Indonesia. Daun mimba dan lidah buaya merupakan dua kombinasi yang baik untuk mengatasi ketombe lho.

Keduanya memiliki sifat antibakteri, antijamur, menenangkan dan mendinginkan yang sangat baik untuk memerangi ketombe terlebih di musim dingin.

Caranya dengan mencampurkan 2sdm gel lidah buaya dengan 10-15 lembar daun mimba segar lalu haluskan. Oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut kemudian diamkan selama 30 menit. Bilas dan cuci dengan sampo anti ketombe untuk hasil yang maksimal.

4. Fanugreek dengan Cuka Apel

Fanugreek atau tumbuhan kelabat mengandung asam nikonat dan protein yang baik untuk mencegah ketombe dan menutrisi kepala. Di sisi lain penggunaan cuka apel bagi rambut rupanya mampu mengontrol ketombe, memperkuat rambut, serta menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala.

Siapkan 2 sdm daun atau biji fenugreek yang direndam semalaman kemudian giling di pagi hari, tambahkan ½ sendok the cuka apel dan aduk rata. Oleskan secara merata dan diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan sampo tak lupa gunakan kondisioner setelahnya ya.

5. Pisang, Lemon dan Madu

Tak cuma nikmat untuk disantap, ketiga bahan ini rupanya efektif juga lho Beauty dalam menyelesaikan masalah ketombe di kepala. Caranya sangat mudah, Beauty cukup mencampurkan pisang dengan beberapa tetes lemon dan satu sendok teh madu. Aduk merata sampai teksturnya menjadi seperti masker, oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut lalu diamkan dan cuci setelah 30 menit.

Apabila masalah ketombe sudah terlalu parah, jangan lupa untuk segera lakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit terdekat ya Beauty.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.