Menu

Hindari 5 Kalimat Ini saat Menemani Wanita Melahirkan, Ingat! Dia Butuh Support Bukan Diceramahi

04 Februari 2021 17:30 WIB

Ilustrasi Ibu Melahirkan (Freepik/Wavebreakmedia_micro)

HerStory, Bandung —

Proses melahirkan adalah bagian paling mendebarkan dan menakutkan bagi wanita. Proses melahirkan yang menyakitkan ini terkadang sudah menghantui calon ibu sejak kandungannya memasuki usia tua.

Meski ada beberapa cara untuk meringankan rasa sakit seperti obat, pijat, epidural, tapi ada kata-kata yang bisa menyakitkan pada ibu melahirkan dibanding rasa sakit proses persalinan.

Seringkali pasangan bingung dengan apa yang harus dikatakan dan tidak agar proses persalinan berlangsung nyaman. Berikut pernyataan yang paling dibenci ibu hamil yang mau melahirkan seperti dilansir dari berbagai sumber (04/02/2021).

1. "Belum pembukaan"

Kalau info ini baru saja kamu dengar dari dokter, simpan informasi ini untuk diri sendiri. Seorang wanita hamil tahu dirinya membutuhkan empat sampai 24 jam untuk lahir normal.

Kalau kamu hanya mengatakan tentang pembukaan tanpa mempercepat prosesnya, ini hanya akan meningkatkan stres pada ibu hamil. Tentunya stres nggak bagus untuk ibu yang akan melahirkan.

2. "Simpan energi"

Ibu hamil dalam proses persalinan biasanya berteriak, menangis, dan berulah selama proses kelahiran. Apabila kamu nggak siap menangani ini semua, sebaiknya kamu keluar.

Seorang wanita yang melahirkan nggak perlu tahu sedang di fase mana dia berada. Kamu nggak usah membuatnya meredam semua yang dirasakan dengan alasan untuk menyimpan energi.

Kalimat ini hanya akan membuatnya nggak nyaman kalau ia nggak diizinkan mengekspresikan kesedihannya dan rasa sakitnya, bahkan di tengah-tengah wajah yang dikenalnya.

3. "Rasa sakit ini nggak apa-apa"

Dia nggak membutuhkan pengingat. Setiap wanita tahu ia harus menahan rasa sakit  yang paling menyakitkan dalam proses persalinan.

Tapi, ini bukan waktu yang tepat mengatakannya. Kamu cukup diam dan berdoa semoga semua cepat berlalu. Pastikan kamu juga nggak mengatakan kepadanya bahwa semua wanita juga melaluinya.

4. "Kamu membuat bayi stres"

Hentikan mengatakan hal ini. Kamu nggak tahu seberapa besar usahanya selama kehamilan dan bagaimana ia terus melalui segala rintangan demi bayinya.

Tentu sang ibu nggak melakukan ini semua dengan sengaja dan kalau kamu nggak bisa menanganinya, jangan menakuti ibu yang melahirkan karena ini berguna untuk bayi.

5. "Dorong lebih keras"

Ini sering datang dari dokter atau petugas. Perkataan itu lebih mudah diucapkan dibanding dilakukan. Tentu saja, ibu melahirkan sedang berusaha keras melahirkan bayinya dan berusaha sekuat tenaga. Dengan nggak mengatakannya, kamu akan membantu jika salah satu tak memerintah dan mempraktikkan proses melahirkan dengan lembut.