Menu

4 Kesalahan yang Wajib Moms Hindari saat Memandikan Bayi, Please Jangan Dilakukan Lagi Demi Kesehatan Buah Hati

11 Juni 2023 09:03 WIB

Ilustrasi bayi mandi (Freepik/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Moms, memandikan bayi adalah salah satu perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan serta kebersihan buah hati. Namun, aktivitas ini gak boleh dilakukan secara sembarangan, lho.

Sayangnya, mungkin masih ada beberapa kesalahan yang dilakukan saat memandikan bayi, Kesalahan ini berisiko menyebabkan gangguan kesehatan, lho, Moms,

Oleh karena itu, HerStory sudah merangkum beberapa kesalahan dalam memandikan bayi yang sebaiknya dihindari. Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini, Moms.

1. Gak mengeringkan bayi secara menyeluruh

Setelah mandi, tubuh bayi akan basah dan harus segera dikeringkan. Pastikan untuk menyeka seluruh air yang ada pada badan buah hati, Moms.

Pasalnya jika ada air yang tersisa maka kulitnya akan lembab secara berlebih. Saat dikenakan popok, sisa air di tubuhnya akan meningkatkan risiko infeksi jamur dan ruam.

2. Menggunakan sabun dan sampo orang dewasa

Saat ini banyak sekali produk sabun dan sampo yang dikhususkan untuk bayi. Hal tersebut disebabkan karena kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga harus menggunakan produk yang aman untuk mereka.

Memandikan bayi menggunakan sabun dan sampo orang dewasa berpotensi menimbulkan beberapa masalah kesehatan pada kulit bayi. Pasalnya kandungan produk orang dewasa terlalu kuat dan gak cocok untuk bayi dengan kulit yang masih sensitif.

3. Gak membersihkan peralatan mandi bayi

Menjaga kebersihan peralatan mandi milik bayi menjadi poin yang cukup penting yang gak boleh Moms lewatkan. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri pada alat yang dapat menyebabkan iritasi dan alergi pada kulitnya.

Moms juga perlu membersihkan bak mandi sebelum dan sesudah memandikan bayi. Perlu diketahui bahwa sisa sabun pada bak mandi dapat menyebabkan iritasi kulit. Selain itu, bak mandi yang jarang dibersihkan berpotensi terkontaminasi bakteri.

4. Suhu air mandi yang salah

Suhu paling ideal untuk memandikan bayi adalah pada kisaran 32-38 derajat Celcius. Jika suhu air terlalu dingin, bayi akan menggigil. Sebaliknya, jika suhu air terlalu panas berbahaya bagi kulit bayi, Moms.

Jika usia bayi sudah menginjak 6 bulan, Moms sudah bisa memandikan bayi menggunakan air dingin. Di usia tersebut, diyakini jika bayi sudah memiliki fisik yang lebih kuat.

Artikel Pilihan