Menu

Anak Masih Belum Tengkurap Ketika Usia 3 Bulan? Gak Usah Khawatir, Yuk Rangsang Perkembangan Si Kecil dengan Cara Ini...

12 Juni 2023 08:25 WIB

Bayi. (Unsplash/Jonathan Borba)

HerStory, Jakarta —

Ketika perkembangan si kecil lebih lambat dari anak oranglain, pasti Moms merasa was-was.

Sebagai contoh anak tetangga ketika berusia 3 bulan sudah bisa tengkurap, sedang si kecil belum, Moms pasti sangat khawatir.

Meskipun demikian, jangan asal khawatir dan sedih, mendingan cari tahu terlebih dahulu rata-rata perkembangan bayi.

Menurut dokter Nadia Nurotul Fuadah dalam diskusi di website Alodokter, ternyata anak bisa telungkup itu di kisaran usia 2 sampai 5  bulan.

"Normalnya, bayi akan bisa telungkup secara mandiri di kisaran usia 2 hingga 5 bulan. Namun tentu, kecepatan perkembangan masing-masing bayi bisa berbeda, ada yang cepat, ada juga yang lambat," tulisnya pada 9 Juni 2023.

Tak heran menurut dokter Nadia jika anak 3 bulan belum bisa tengkurap adalah hal wajar, asal si kecil sudah bisa menegakkan kepalanya 45-90 derajat.

"Di usianya yang baru memasuki 3 bulan, seringnya wajar jika ia belum mahir telungkup sendiri. Asalkan ia sudah tampak bisa menegakkan kepalanya hingga 45-90 derajat, bisa menyangga kepala hingga dadanya dengan baik saat ditelungkupkan, dan mulai belajar miring-miring, besar kemungkinan kondisinya tidak perlu Anda khawatirkan berlebihan,"  jelas dokter Nadia.

Di sisi lain, dokter Nadia pun memberikan tips untuk merangsang perkembangan si kecil, yuk simak Moms!

  1. Berikan ASI yang cukup, agar stamina si kecil tetap terjaga ketika beraktivitas.
  2. Terus ajak anak untuk interaksi, caranya bisa dengan meletakkan barang yang si kecil suka di luar jangkauannya agar anak mau bergerak untuk meraihnya.
  3. Sering lakukan tummy time ya Moms
  4. Alas bermainnya jangan di tempat empuk, biasakan di tempat datar
  5. Selain tak asal untuk mengurut bayi ya Moms.

Namun jika umurnya hingga 5 bulan tak kunjung telungkup, langsung saja konsultasi dengan dokter ya Moms!

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan