Menu

Ya Ampun... Ternyata 3 Makanan ‘Haram’ Ini Jadi Biang Kerok Penyebab Jerawat, Stop Konsumsi Deh

12 Juni 2023 13:40 WIB

Wanita sedang menyentuh jerawat di wajahnya. (Pinterest/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Jerawat merupakan salah satu kondisi kulit yang mengalami iritasi maupun infeksi karena hal tertentu. Salah satu penyebab tumbuhnya jerawat adalah akibat mengonsumsi makanan tertentu. 

Beauty, ternyata ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kulit bermasalah dan berjerawat. Oleh karena itu, kontrol makanan kuga sangat dibutuhkan untuk memastikan kulit terawat baik dan bebas jerawat.

Lalu makanan apa yang sebaiknya dihindari agar jerawat gak muncul? Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya. 

Produk Susu

Pada beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dewasa yang dengan rutin mengkonsumsi susu akan memiliki potensi berjerawat lebih tinggi.

Belum terlalu jelas bagaimana susu dapat berkontribusi dalam pembentukan jerawat. Walau begitu, ada beberapa teori yang menjelaskan bahwa susu akan memicu peningkatan kadar insulin yang bisa menyebabkan jerawat.

Selain itu, susu sapi juga mengandung asam amino. Asupan berlebih bakal merangsang hati memproduksi lebih banyak IGF-1 yang dikaitkan dengan jerawat.

Makanan Cepat Saji

Makanan penyebab jerawat lainnya adalah makanan cepat saji. Berbagai jenis makanan cepat saji pasti selalu berkaitan erat dengan tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat olahan.

Seseorang yang secara teratur makan makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko berjerawat hingga 17%.

Belum begitu jelas apa sebenarnya yang menyebabkan makanan saji memicu timbulnya jerawat. Walau demikian, beberapa peneliti menilai bahwa makanan jenis ini memengaruhi gen dan mengubah kadar hormon.

Biji-bijian dan Gula Halus

Salah satu makanan yang dapat menyebabkan jerawat di wajah adalah biji-bijian dan gula halus. Hal ini karena makanan tersebut mengandung terlalu banyak karbohidrat, bahkan tinggi insulin. Makanan karbohidrat olahan seperti roti, pasta, soda, dan pemanis lainnya memang terbukti menjadi salah satu sumber jerawat.