Menu

Wow! Ini 5 Makanan Mengandung Vitamin K yang Bagus untuk Kulit Wajah, Hilangkan Flek Hitam sampai Cegah Kulit Kering, Yakin Gak Mau Coba?

12 Juni 2023 23:30 WIB

Brokoli. (Pixabay/ExplorerBob)

HerStory, Jakarta —

Beauty, seperti kita ketahui, kulit membutuhkan sejumlah nutrisi agar tetap sehat, kenyal, dan bercahaya. Gak cuma perawatan dari luar saja, kulit asupan makanan juga perlu diperhatikan. 

Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan kulit adalah vitamin K. Ini adalah vitamin yang larut dalam lemak, dengan dua bentuk, yakni K1 dan K2. 

Vitamin K diperlukan untuk kesehatan jantung dan tulang serta berkontribusi kesehatan kulit. Vitamin K dapat membantu luka dan memar sembuh lebih cepat.

Bekerja sebagai antioksidan, vitamin K juga dapat melindungi kulit dari kerusakan jangka panjang. Vitamin dapat mengurangi pembengkakan, peradangan dan kemerahan pada kulit.

Gak cuma itu lho Beauty, vitamin K juga dapat membantu mencegah kulit kering, menghilangkan flek hitam, serta menunda penuaan kulit.

Berikut ini 5 daftar makanan dengan kandungan vitamin K tinggi, sebagaimana sudah HerStory rangkum dari NDTV, Senin (12/6/2023). 

1. Brokoli

Vitamin K1 atau phylloquinone biasanya ditemukan dalam sayuran berdaun hijau. Brokoli sangat baik untuk kesehatan kulit karena mengandung berbagai nutrisi penting lainnya. 

Brokoli memiliki sifat anti-penuaan karena kandungan luteinnya dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif. Ini juga mengandung sulforaphane, yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

2. Bayam 

Gak cuma brokoli, bayam juga kaya akan vitamin K yang dapat menghasilkan kulit jernih, bercahaya, dan sehat. Makan bayam dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan meningkatkan produksi kolagen. 

Gak cuma itu Beauty, bayam juga melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan akibat sinar UV. Dengan demikian, kulit akan lebih kenyal. 

3. Delima

Di antara buah-buahan, delima memiliki kandungan vitamin K yang relatif lebih tinggi. Delima juga kaya akan vitamin C, yang memainkan peran kunci dalam produksi kolagen. 

Antioksidan dalam buah ini dapat membantu mengurangi peradangan dan memastikan perlindungan keseluruhan pada kulit.

4. Kiwi

Makanan dengan vitamin K tinggi adalah Kiwi. Kiwi juga mengandung vitamin C dan E, lutein, zeaxanthin serta polifenol yang berkontribusi pada kesehatan kulit. 

Makan buah ini setiap hari dapat membantu produksi kolagen sambil menjaga kulit bebas dari bintik-bintik gelap dan kerusakan akibat sinar matahari.

5. Produk Susu

Vitamin K2 atau menaquinones dapat ditemukan dalam makanan fermentasi tertentu yang berasal dari hewan. Produk susu seperti susu penuh lemak, telur dan keju dianggap sebagai sumber vitamin K2. 

Susu juga juga kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang berkontribusi pada kesehatan kulit secara keseluruhan.

Artikel Pilihan