Menu

Gak Selalu Buruk, Ini 5 Dampak Positif Patah Hati Lho, Apa Saja?

13 Juni 2023 02:15 WIB

patah hati. (Unsplash/Kelly Sikkema)

HerStory, Bekasi —

Hampir semua orang pasti pernah mengalami patah hati. Meski terasa menyakitkan dan sedih, namun selepas beberapa lama kamu pun akan sembuh dari patah hati.

Nyatanya memang gak mudah untuk 'sembuh' dari patah hati, tapi siapa sangka kalau patah hati bisa berdampak positif. Mengutip berbagai sumber, berikut sejumlah dampak positif patah hati yang membawa manfaat bagi yang mengalaminya.

1. Menjadi paham tentang diri sendiri

Meskipun membutuhkan waktu lama untuk pulih dari perasaan sakit hati, namun akan semakin dalam perasaan cinta kepada diri sendiri. Kamu akan tahu sejauh mana perasaan sedih dan cinta yang dimiliki sehingga tidak mudah untuk terulang lagi.

Biasanya, seseorang akan bersedih, larut hingga akhirnya sampai ke titik terendah. Wajar saja, memang menyembuhkan luka hati itu tidak semudah luka fisik yang ada di tubuh.

Meskipun demikian diri sendiri akan paham dan menemui jati diri. Mulai dari kemampuan hingga kekurangan yang harus diperbaiki untuk menjadi pribadi baru lebih baik.

2. Meningkatkan kualitas hubungan di masa depan

Dampak positif patah hati berikutnya yaitu akan membawa perasaan yang lebih baik untuk menjalani hubungan di masa depan. Seperti membawa hal baik yang ada pada diri sendiri untuk tetap dijalani.

Kemudian meninggalkan hal buruk yang pernah terjadi dan melupakannya. Seperti kata pepatah bahwa pengalaman adalah guru terbaik untuk masa depan. Jadikan pengalaman patah hati sebagai ilmu meningkatkan kualitas hubungan baru.

3. Menyadari ada banyak cinta di kehidupan 

Biasanya untuk orang yang jatuh cinta akan merasakan dunianya hanya ada pada satu orang. Kemudian dia akan merasa yang cinta pada dirinya hanya pacarnya saja dan lupa dengan lingkungan kehidupannya.

Setelah putus, barulah terasa dampak positif patah hati yang akan mengingatkan kamu dengan semua orang. Seperti cinta dari sahabat, kakak, orang tua, binatang peliharaan dan masih banyak lagi sehingga tidak perlu berharap pada satu orang.

4. Damai dengan keadaan masa lalu

Pelajaran hidup yang paling berharga yaitu dengan menerima kenyataan hidup yang tak selamanya dapat berjalan sesuai dengan harapan. Dari masa lalu kita harus bisa memutuskan untuk terus melangkah maju atau menyerah.

Dampak positif dari patah hati ini yang akan membuat diri sendiri menjadi kuat menjalani hidup. Selalu hadapi masalah yang terjadi, meskipun terasa berat dan sulit.

5. Menjadi mandiri

Dampak positif patah hati yang memberikan manfaat berikutnya yaitu menjadikan diri sendiri lebih mandiri. Tanpa disadari, saat memiliki sebuah hubungan sering kali bergantung satu sama lain sehingga sulit menjalani keinginan sendiri.

Oleh sebab itu, dengan patah hati akan memaksa kamu untuk jadi pribadi yang mandiri. Gak perlu lagi meminta bantuan, namun percaya kepada diri sendiri dapat melakukannya.

Itulah sejumlah dampak positif patah hati yang baik untuk diri sendiri. Bukan hanya kesedihan atau perasaan sedih, namun juga ada manfaat yang akan mengubah diri kamu menjadi pribadi yang lebih baik.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya