Menu

Tampil Lebih Segar dan Percaya Diri, 7 Cara Alami Hilangkan Mata Panda yang Simple dan Gak Butuh Produk yang Mahal!

13 Juni 2023 11:00 WIB

Ilustrasi Mata Panda (Freepik/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Mata panda merupakan istilah yang menggambarkan kondisi di mana ada lingkaran hitam di area bawah mata. Lingkaran hitam yang gelap di area bawah mata tentu saja akan membuat kamu terlihat kelelahan dan mengurangi rasa percaya diri.

Banyak orang yang menutupi mata panda dengan make up, Beauty. Kendati demikian, kamu bisa mengatasi permasalahan mata panda dengan simple hanya menggunakan cara alami, lho.

Kira-kira bagaimana cara menghilangkan mata panda secara alami? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel yang sudah HerStory rangkum berikut ini, Beauty.

1. Kompres dingin

Kamu bisa mengurangi mata panda dengan kompres dingin. Caranya, bungkus es batu dengan waslap atau kain bersih dan letakkan pada mata yang tertutup. Lakukan perawatan ini selama 20 menit setiap hari  untuk hasil yang maksimal.

2. Cukupi kebutuhan tidur

Menurut studi berjudul Periorbital hyperpigmentation: A comprehensive review yang dipublikasikan dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebutkan, kurang tidur dapat memperparah lingkaran hitam pada mata.

Bukan itu saja, kebiasaan ini juga menyebabkan kulit tampak pucat, sehingga lingkaran hitam di bawah mata jadi lebih terlihat. Jadi, penuhi kebutuhan waktu tidur setidaknya 7 sampai 8 setiap harinya.

3. Tinggikan kepala saat tidur

Posisi tidur yang salah juga bisa menyebabkan mata panda. Posisi kepala yang sejajar dengan tubuh membuat cairan menggenang di bawah mata. 

Alhasil, area tersebut menjadi lebih bengkak. Solusinya, tambahkan beberapa bantal supaya kepala lebih tinggi dari badan untuk mencegah terjadinya pembengkakan.

4. Kompres dengan kantung teh

Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, serta mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit. Cara ini juga berfungsi untuk menyamarkan mata panda. 

Berdasarkan penelitian dalam Advanced Biomedical Research menemukan, kafein dalam kantung teh dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi tampilan mata panda di permukaan kulit.

Caranya, rendam dua kantong teh dalam air panas selama 5 menit. Setelah itu, dinginkan di lemari es selama 15 hingga 20 menit. Jika sudah dingin, letakkan kantong teh pada mata selama 10 hingga 20 menit.

5. Menggunakan mentimun dan lemon

Gunakan mentimun dan lemon dalam perbandingan yang sama. Kemudian, rendam kapas dan oleskan ke area bawah mata. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Perbanyak minum air putih

Mata panda bisa dipicu oleh kekurangan asupan cairan tubuh atau dehidrasi. Dengan begitu, pastikan kamu mencukupi asupan air putih. Jumlahnya berkisar 2 liter per hari.

Selain bisa mengurangi mata panda, air putih juga efektif meningkatkan kesehatan kulit, termasuk elastisitas dan kelembabannya. Manfaat lainnya, membantu melancarkan pencernaan dan membuat tubuh menjadi lebih segar. 

7. Sendok dingin

Cara menghilangkan mata panda lainnya dapat menggunakan sendok dingin. Caranya, masukkan sendok ke dalam freezer selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu, tempelkan bagian punggung sendok ke area bawah mata. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Nah, itu dia beberapa cara alami untuk menghilangkan mata panda, Beauty. Selamat mencoba, ya!