Menu

Enggak Cuma Suami, Istri Juga Bisa Berselingkuh dan Ini Alasannya, Benar Enggak Sih Beauty?

05 Februari 2021 20:45 WIB

Selingkuh (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Belakangan ini, fenomena perselingkuhan tengah marak diperbincangkan. Bahkan, perselingkuhan kerap terjadi dengan mereka yang sudah berumah tangga.

Seperti sebuah penelitian yang disebut dalam laman Psychology Today, 10 hingga 20 persen suami istri yang berkomitmen penuh dalam rumah tangga, secara aktif terlibat dalam aktivitas seksual di luar hubungan pernikahan atau dengan kata lain berselingkuh.

Beauty yang sudah berumah tangga, mungkin selama ini kamu kerap beranggapan kalau hanya suami yang bermain mata, hanya suami yang enggak setia, hanya suami yang berselingkuh. Tapi, enggak menutup kemungkinan kalau istri juga bisa berselingkuh dan mengkhinati pernikahannya, lho.

Istri yang berselingkuh memiliki alasan tersendiri mengapa dirinya melakukan hal tersebut. Seperti yang dijabarkan oleh Psikolog Analisa Widyaningrum dalam kanal YouTube Analisa Channel, wanita cenderung menkhianati pasangannya lantaran beberapa alasan.

Alasan pertama yang membuat wanita berselingkuh ialah ketika dirinya merasa kurang dihargai. Kurang dihargai oleh suaminya sendiri sebagai pasangan hidupnya. 

"Mungkin istri merasa hanya dianggap seperti pembantu, pengasuh, atau mesin uang di dalam rumah tangganya," ujar Analisa, seperti dikutip, Jumat (5/2/2021).

Tak hanya itu, istri yang merasa haus akan kehangatan dan intimasi, juga memilih untuk berselingkuh dari suaminya. Alasan ini juga diperkuat dengan pasangan yang jarang memberi pujian. Atau mungkin, sudah memuji tetapi pujian dari laki-laki lain lebih menggoda.

Lebih lanjut, Analisa juga mengatakan, istri yang berselingkuh lantaran dirinya yang merasa kesepian. Suami yang terlalu sibuk dan jarang memberi perhatian, membuat istri memilih untuk berselingkuh.

"Mungkin setelah berumah tangga dan punya anak, hubungan dengan teman-temannya itu mulai berkurang. Sampai akhirnya ketika suami mulai sibuk dia merasa enggak memiliki teman lagi," kata Analisa.

Terkadang, rasa trauma dalam menjalani hubungan juga bisa membuat siapa pun untuk berselingkuh. Misal, pernah dikhianati dengan diselingkuhi dan ada rasa ingin balas dendam akan hal tersebut.

Alasan selanjutnya yang membuat istri berselingkuh ialah ketika adanya hubungan seks yang enggak memuaskan. Beauty, bukan menjadi rahasia umum lagi, seks menjadi kebutuhan dasar seseorang setelah menikah nanti.

"Setelah berumah tangga, seks menjadi sebuah kebutuhan dasar. Di mana perempuan juga punya salah satu dorongan seks yang mungkin enggak tercukupi oleh suami," tutur Analisa.

Suami yang tak bisa memenuhi kebutuhan seks istrinya, membuat sang istri mencari kepuasan tersebut dengan pria lain.

Di samping itu, istri yang berselingkuh biasanya karena ada harapan yang terlalu berlebih. Istri cenderung menuntut pasangan untuk memenuhi kebutuhannya secara materi maupun no-materi. Kalau kebutuhan tersebut tak bisa dipenuhi, ia akan mencarinya dari pria lain dan berselingkuh.