Menu

Flek Hitam Ganggu Penampilan? Simak 6 Jenis Perawatan untuk Menghilangkannya, Sudah Pernah Coba Beauty?

20 Juni 2023 21:15 WIB

Ilustrasi wanita meggunakan skincare. (Pinterest/byrdie.com)

HerStory, Jakarta —

Flek hitam atau kerap disebut sebagai freckles kerap menjadi salah satu permasalah kulit yang dialami khususnya pada usia yang semakin tua. Kondisi ini terjadi karena adanya peningkatan produksi melanin di kulit, Beauty

Melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Makin banyak kandungan melanin pada kulit, maka makin gelap pula kulit seseorang.

Kulit memiliki kemampuan untuk menyerap sinar ultraviolet. Guna melindungi kulit, maka produksi melanin akan meningkat.

Nah, penumpukan melanin ini akan menyebabkan flek. Pasalnya area kulit yang kerap kena paparan sinar UV akan mengalami perubahan warna atau menggelap hingga muncul flek seperti bintik-bintik hitam.

Apakah perlu ke dokter untuk menghilangkan flek hitam?

Pada dasarnya flek bukanlah kondisi berbahaya yang mengharuskan kamu untuk segera mendapatkan penanganan dokter. Kendati demikian, jika flek hitam menunjukkan tanda gak biasa, seperti terjadi perubahan bentuk, ukuran, dan tekstur, maka lakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya, Beauty.

Ada beberapa tanda flek yang berbahaya, yaitu:

  • Flek berkembang, misalnya tumbuh menonjol

  • Flek yang menonjol memiliki bentuk tidak beraturan

  • Flek yang berkembang memiliki tekstur menjadi tidak rata atau bergelombang

  • Flek berubah warna

  • Flek terasa nyeri

Bagaimana cara mengatasi flek hitam?

Kondisi kulit yang muncul flek hitam pada dasarnya adalah hal yang normal selama gak menimbulkan keluhan medis seperti yang dipaparkan sebelumnya. Kendari demikian, kamu bisa mengatasi flek hitam dengan cara berikut, Beauty.

Simak caranya di halaman selanjutnya Beauty!

1. Menggunakan tabir surya (sunscreen)

Agar kulit terlindungi dari paparan sinar ultraviolet, gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih saat beraktivitas di luar ruangan, terlebih bagi orang yang berkulit putih dan berisiko memiliki flek hitam.

2. Menggunakan krim pemutih

Krim pemutih umumnya mengandung hydroquinone yang berfungsi untuk menekan produksi melanin dan mencerahkan area kulit yang gelap.

3. Krim retinoid

Krim retinoid mengandung senyawa vitamin A, seperti tretinoin topikal. Obat ini berfungsi untuk mencerahkan sekaligus mengatasi flek hitam. Hasil pengobatan dengan tretinoin oles umumnya dapat dilihat setelah penggunaan rutin selama beberapa bulan. Obat ini bisa didapat dengan resep dokter.

4. Terapi laser

Terapi laser dilakukan dengan memancarkan sinar yang memiliki gelombang dan intensitas tertentu pada flek hitam di kulit. Terapi ini dapat mencerahkan dan mengurangi tampilan flek hitam dengan aman dan efektif. Dampak yang ditimbulkan dari terapi laser juga relatif rendah.

5. Cryosurgery

Cryosurgery adalah prosedur yang menggunakan cairan nitrogen bersuhu rendah untuk membekukan dan menghancurkan sel kulit bermasalah, seperti flek hitam. Prosedur ini dinilai aman dengan waktu pemulihan yang singkat. Meski demikian, tidak semua jenis flek dapat ditangani dengan cara ini.

6. Chemical peeling

Chemical peeling dilakukan dengan menggunakan cairan kimia, seperti asam salisilat, asam glikolat, atau asam trikloroasetat. Bahan ini bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit bermasalah dan mendorong regenerasi kulit yang lebih sehat dan lebih merata.

Secara umum, penanganan flek hitam perlu dilakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal. Selain memberikan manfaat, penanganan di atas juga berisiko menyebabkan efek samping, salah satunya iritasi kulit. Bila mengalami efek samping tersebut, segera periksakan diri ke dokter.

Artikel Pilihan