Menu

Rawan Terjadi, Begini Pencegahan Obesitas pada Anak, Jangan Sampai Anak Lepas Kontrol ya, Moms!

23 Juni 2023 23:10 WIB

Ilustrasi anak alami obesitas (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Baru-baru ini, beredar sebuah video yang memperlihatkan proses evakuasi pria berbobot 300 kilogram, Muhammad Fajri yang menghebohkan publik.

Obesitas yang dialami Fajri pun membuatnya kesulitan saat akan dibawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Namun sayang, nyawa Fajri tak terselamatkan saat menjalani perawatan di RSCM.

Beberapa waktu silam, publik juga sempat menyoroti remaja yang memiliki bobot 193 kilogram, Arya Permana yang membuatnya harus menjalani perawatan medis.

Masalah obesitas di Indonesia harus menjadi perhatian, sebab siapapun bisa mengalami jika tak memiliki pola hidup yang baik, terutama pada anak-anak yang masih rentan.

Nah, Moms, berikut pencegahan sedini mungkin yang bisa dilakukan untuk mencegah obesitas pada anak, simak ya!

Perhatikan Pola Makan

Salah satu hal yang penting dan harus selalu menjadi perhatian ialah pola makan pada anak. Moms bisa mulai memperhatikan asupan harian anak, yakni dengan menakar kadar lemak dan gula harian yang bisa membuat berat badan anak naik secara drastis.

Selain itu, Moms juga bisa membuat makanan sendiri di rumah, sehingga tak melulu mengandalkan makanan siap saji, ya.

Atur Waktu Konsumsi Makanan Ringan

Selain makanan pokok, waktu mengonsumsi makanan ringan dan cemilan kesukaan anak pun juga harus diperhatikan nih. Apalagi, anak-anak sering mengonsumsi makanan manis yang dijual di sekolah yang tentu enggak bisa Moms pantau setiap waktu.

Salah satu yang bisa dilakukan yakni dengan menyiapkan bekal sehat dan sisipkan cemilan seperti buah-buahan yang diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman menarik.

Ajak Anak Bergerak dan Olahraga

Selain masalah pada pola makan, kurang gerak pun bisa membuat tumpukan lemak di dalam tubuh anak, Moms. Ada baiknya Moms dan Paksu rutin mengajak anak-anak untuk bergerak dan berolahraga di rumah, ataupun di taman secara rutin setiap hari atau setiap minggu.

Alihkan Stress Anak ke Hal-hal Produktif

Stress bisa menjadi pemicu anak-anak dan remaja untuk beralih pada cemilan-cemilan yang kurang sehat. Untuk mengatasinya, Moms bisa mengajarkan anak untuk mengalihkan rasa stress atau sedih ke hal-hal yang produktif, seperti journaling, menonton film, atau berjalan-jalan sore.