Menu

Isu Main Serong Makin Panas, Ketahui 5 Jenis Perselingkuhan yang Ternyata Sangat Beragam Yuk! Moms Sudah Tahu?

24 Juni 2023 16:05 WIB

Ilustrasi membuktikan pasangan selingkuh (Sumber/iStockphoto)

HerStory, Jakarta —

Moms, belakangan ini lagi ramai isu perselingkuhan di kalangan selebriti. Pada dasarnya ini merupakan masalah umum yang dapat terjadi pada hubungan siapapun. 

Dasar sebuah hubungan adalah komitmen kuat. Namun, jika komitmen yang dipegang ini lemah, maka kehadiran orang ketiga akan menghancurkan hubungan yang dibangun bersama pasangan. 

Pada umumnya selingkuh berarti melakukan tindakan pengkhianatan dan mendua dari pasangan. Kendati demikian, ada beberapa jenis selingkuh yang mungkin terjadi. 

HerStory sudah merangkum beberapa jenis perselingkuhan, Moms. Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya!

1. Selingkuh secara seksual

Perselingkuhan seksual adalah hal yang paling umum. Ini meliputi berbagai hal mulai dari kencan di luar pernikahan dan hubungan rahasia di hotel, hingga seks melalui telepon dan media sosial, hingga perselingkuhan yang melibatkan penyembunyian pakaian di tempat tersembunyi seperti lemari atau bawah meja.

2. Perselingkuhan Emosional

Selingkuh secara emosi disebut juga selingkuh non-fisik. Namun, penting untuk diingat bahwa perselingkuhan emosional adalah hal yang nyata dan dapat sangat daripada perselingkuhan fisik.

Secara umum, perbedaan antara persahabatan platonis yang dalam dan selingkuh emosional adalah adanya rahasia atau hasrat tersembunyi. Selingkuh jenis ini terjadi saat seseorang mengalihkan energi emosional mereka dari pasangan mereka ke orang lain.

Ini berarti kamu gak hanya mencari dukungan dari orang lain di luar hubungan kamu, tetapi secara aktif memilih untuk menaruh perhatian dan upaya kamu pada orang lain meski gak memiliki status tertentu dengan orang tersebut. 

3. Selingkuh Romantis

Perselingkuhan romantis adalah bentuk perselingkuhan yang khusus terjadi ketika seseorang terlibat dalam hubungan intim dengan orang lain selain pasangan mereka.

Definisi romansa dapat bervariasi dari individu ke individu, tetapi umumnya mencakup aktivitas seperti kencan romantis, rayuan, dan eksplorasi kedekatan emosional dengan seseorang lain.

Jika seseorang melakukan hal-hal ini dengan orang di luar pasangan mereka, maka itu dianggap sebagai perselingkuhan romantis.

4. Selingkuh Intelektual

Meskipun wajar dan normal untuk berbagi minat dan keyakinan dengan orang lain selain pasangan kamu, hal ini dapat menjadi bentuk perselingkuhan jika kamu membagikannya dengan pihak ketiga sambil mengabaikan atau menggantikan keinginan pasangan kamu.

Perselingkuhan intelektual dapat terjadi jika kamu berhenti berdiskusi dengan pasanganmu dan memilih untuk membahasnya dengan orang lain, misalnya.

Penting untuk memiliki hobi dan minat yang dapat kamu bagikan dengan teman dan kenalan lain. Jika kamu menemukan seseorang yang lebih membangkitkan intelektualitas kamu daripada pasangan kamu, ada risiko terjadinya perselingkuhan intelektual.

5. Selingkuh di Dunia Maya

Perselingkuhan dunia maya, dikenal juga sebagai perselingkuhan digital. Ini adalah bentuk perselingkuhan yang terjadi melalui media sosial, pesan teks, dan platform internet lainnya.

Pasangan yang tidak setia saat ini sering kali hanya bertukar gambar dan video eksplisit, atau bahkan menghabiskan berjam-jam berbicara satu sama lain di media sosial dan platform lainnya.