Menu

Mengapa Ibu Hamil Nggak Boleh Makan Makanan Mentah? Ternyata Ini Bahaya yang Siap Mengintai Moms, Ngeri!

27 Juni 2023 17:30 WIB

Ibu Hamil. (Unsplash/freestocks.org)

HerStory, Jakarta —

Moms mungkin sering bertanya-tanya mengapa ibu hamil nggak boleh mengonsumsi makanan mentah.Ini karena apa yang dikonsumsi oleh ibu akan berimbas juga pada kesehatan janin yang ada di dalam kandungan Moms.

Nah, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan mentah, seperti sashimi, daging, atau telur. Kenapa? Ternyata ini bahaya yang siap mengintai jika ibu hamil mengonsumsi makanan mentah.

1. Listeriosis

Moms akan mengalami infeksi Listoriosis yang disebabkan oleh bakteri Listeria Monocytogenes. Pada infeksi ini penderita akan mengalami sejumlah gejala, seperti demam, muntah, dan diare. 

Selain itu, ini juga bis amenyebabkan sepsis dan meningitis pada bayi yang belum lahir Moms.

2. Toksoplasmosis

Ini terjadi akibat parasi Toxoplasma gondii yang ditemukan pada daging merah Moms. Konsisi ini menyebabkan gangguan pendengaran bawaan, kebutaan, dan kerusakan otak bayi yang belum lahir. Serem ya Moms!

3. Salmonellosis

Kondisi ini dapat menyebabkan radang plasenta dan selaput yang mengelilingi janin dan meningkatkan risiko bayi lahir mati. Selain itu, makanan mentah bisa terkontaminasi oleh bakteri lain seperti E. coli, Shigella, dan Campylobacter yang bisa menyebabkan keracunan makanan pada ibu hamil sehingga menyebabkan dehidrai, syok, atau tekanan darah rendah.

Itulah tiga bahaya yang mengintai kesehatan ibu hamil jika keukeh mengonsumsi makanan mentah. Tentu Moms tak ingin sesuatu terjadi pada buah hati Anda bukan?

Artikel Pilihan