Menu

Kulit Tangan Kering dan Pecah-Pecah? Ini Cara Mengatasinya

09 Februari 2021 14:45 WIB

Ilustrasi tangan kering dan pecah-pecah. (Luxebc.com/Edited by HerStroy)

HerStory, Bandung —

Beauty, pernahkah kamu menemukan tangan atau jari-jari tangan memerah, pecah-pecah, dan mengelupas? Mungkin kamu mengalami masalah kulit kering yang serius.

Dilansir dari berbagai sumber, pecah-pecah pada jari akan terasa sangat menyakitkan saat kamumelakukan hal kecil, seperti mengetik, membuka halaman buku, atau menekan sebuah tombol. 

Pecah-pecah pada kulit tangan bisa terjadi akibat terlalu sering mencuci tangan dengan sabun yang kurang cocok untuk tanganmu. Faktor lainnya adalah kemungkinan tanganmu sering terkena sabun detergen sehingga kulit mengelupas.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Berikut ulasan selengkapnya.

Cara pertama yang kamu harus lakukan adalah dengan menghindari mencuci tangan terlalu sering terutama dengan sabun yang mengandung terlalu banyak deterjen. Kemudian lembapkan kulit dengan sering menggunakan krim tangan atau lotion yang mengandung petrolatum, wax, dan shea butter.

Saat mencuci, gunakanlah sarung tangan yang terbuat dari bahan vinyl atau lateks agar kulit tidak langsung terkena air dan bahan kimia.

Selain itu, gel yang mengandung alkohol lebih ampuh merawat kulit yang kering daripada sering mencuci tangan menggunakan sabun. Perlu diperhatikan pula bahwa kandungan alkohol yang terlalu banyak juga tidak baik karena dapat menyebabkan infeksi pada kulit.