Menu

Gak Usah Pusing Kalau Si Kecil Mogok Makan! Ini 5 Tipsnya

09 Februari 2021 09:40 WIB

Ilustrasi Anak Melakukan gerakan Tutup Mulut (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, kasus mogok makan kerapa kali terjadi dalam fase pertumbuhan pada si kecil. Hal ini wajar kok Moms. Gak perlu panik ya semua bisa diatasi kok.

Moms aksi mogok makan yang dilakukan si kecil karena hilangnya selera makan wajar kok. Anak berusuia 2-5 tahun memang belum memiliki selera makan yang stabil. Bahkan cenderung kurang berserela. Jika hal ini terjadi Moms gak perlu teralalu memaksakan tetapi jangan juga dibiarkan yaa. Banyak cara untuk mengembalikan lagi selera makannya.

Banyak asalan yang jadi penyebab si kecil mogok makan, bisa jadi dia bosan dengan makanannya atau stress karena terlalu makan banyak. Walaupun begitu, Mom gak boleh nyerah ya! Gimana pun si kecil harus tetap ternutrisi meskipun sedikit.

Dilansir dari berbagai sumber (09/02/2021) mengenai cara mengatasi anak yang sedang mogok makan, berikut tipsnya:

1. Kurangi Cemilan

Moms boleh saja memberikan cemilan kepada si kecil, namun jangan terlalu sering ya! Kontrol waktu kapan harus diberikan cemilan atau enggak. Apa lagi cemilan yang mengandung gula dan garam yang berlebihan, ini bisa membahayakan kesehatan si kecil loh.

Mengkonsumsi gula berlebih sejak dini dapat memicu timbulnya penyakit diabetes dan Obesitas. Jadi Moms perlu perhatikan asupan cemilan buat si kecil ya!

2. Berikan Porsi Kecil

Moms gak apa-apa bila si anak sedang nafsu makan diberi porsi makan lebih banyak, namun bila si kecil gak menunjukkan selera makan, Mom harus peka jangan memaksakannya ya! Jika Moms tetap memaksakan si kecil memberi makan dalam porsi yang besar, justru membuat si kecil semakin tak berselera.

Moms bisa atasi dengan memberikan porsi kecil namun sering. Hal ini telah dianjurkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bahawa Moms bisa memberi jarak minimal tiga jam sevelum masuk ke waktu makan selanjutnya.

Alhasil, si kecil dapat kapan lebih merasakan waktu lapar dan waktu kenyang. Selain itu, cara ini juga membuar porsi makannta cukup ketika waktu makan tiba. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi si kecil yang sedang mogok makan sebab dengan cara ini jadwal makan si kecil teratur dan masalah mogok makan dapat teratasi dengan baik.

3. Atur Pola Makan Si Kecil

Moms, coba biasakan si kecil untuk makan yang teratur. Moms bisa buat jadwal makan si kecil yang terdiri dari tiga kali makanan utama dan dua kali makanan selingan di antara waktu makan utama.

Moms juga harus peka mengenai gerak gerik si kecil, apakah si kecil sedang lapar dan ingin makan atau justru malah mengantuk karena terlalu lelah bermain. Jika si kecil menunjukkan tanda mengantuk, berilah cemilan sebelum ia tidur siang.

Meskipun sudah jam makannya kalau si kecil mengantuk jangan paksakan untuk makan ya Moms sebab si kecil akan menolaknya dan memilih tidur. Jika dipaksakan akan membuatnya jadi mogok makan. Oleh karena itu cukup berikan cemilan saja.

4. Sajikan Makanan dengan Tampilan yang Menarik

Menyajikan makanan dengan tampilan yang menarik bisa jadi pikihan yang tepat dalam mengatasi si kecil yang sedang mogok makan. Tampilan makanan yang lucu atau menarik memungkinkan membangkitkan kembali selera makan si kecil.

Misalnya Moms bisa menyajikan sepiring makanan dengan tampilan membentuk wajah yang kemudian sayur sebagau pemanisnya. Moms juga bisa membentuk sayur wortol seperti mahkota, atau timun seperti rumput, dan lainnya.

5. Hindari Meberi Minum Ketika Makan

Moms kebanyakan minum di tengah-tengah proses makan dapat membuat si kecil kembung dan enggan melanjutkan makannya. Berilah minum sesusai makan atau sesekali saja ketika proses makan.

Moms gak sulit kan mengatasi si kecil yang sedang mogok makan? Terapkan caranya secara perlahan ya, nafsu makan si kecil akan kembali dengan sendirinya

Share Artikel:

Oleh: Rifani Indrianti