Menu

5 Minuman yang Ampuh Menurunkan Kolesterol, Cocok Diminum saat Iduladha Nih!

29 Juni 2023 22:30 WIB

Ilustrasi menjaga kolesterol (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Moms, masalah kesehatan utama yang cukup menakutkan saat Iduladha adalah kolesterol. Sebab, kebanyakan di Indonesia, daging kurban diolah menggunakan santan. 

Penting diketahui, santan yang dimasak mendidih mengubah asam lemak menjadi lemak jenuh sebingga meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah. 

Namun demikian, Moms gak perlu khawatir, ada sejumlah minuman yang dapat membantu menyeimbangkan kadar kolestrol setelah menyantap hidangan daging kurban. 

Berikut ini 5 daftar minuman untuk menurunkan kolesterol, sebagaimana sudah HerStory kutip dari Medical News Today, Kamis (29/6/2023).

1. Teh Hijau

Tahukah Beauty, teh hijau merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Minuman ini mengandung katekin dan epigallocatechin gallates yang dapat membantu menurunkan LDL dan kadar kolesterol jahat. 

2. Jus Tomat 

Selain teh hijau, jus tomat juga bisa jadi pilihan tepat buat menurunkan kolestrol nih Moms. Jus tomat memiliki jumlah likopen baik, yang merupakan antioksidan untuk membantu melindungi kerusakan sel. 

Bahkan, saat mengonsumsi jus tomat, tubuh dapat mengolahnya dan membantu meningkatkan kandungan likopen di dalamnya. Tomat juga mengandung niasin dan serat pereduksi kolesterol. 

Sebuah studi menunjukkan, mengonsumsi 280ml jus tomat per hari selama 2 bulan secara signifikan menurunkan kadar kolesterol.

3. Susu Kedelai

Berbeda dari susu hewani dengan lemak tinggi, susu kedelai merupakan produk nabati yang mengandung kadar lemak jenuh rendah. 

Mengganti krimer biasa dan susu tinggi lemak dengan susu kedelai dapat membantu mengatur kadar kolesterol. Asosiasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) merekomendasikan diet rendah lemak jenuh dan 25gms protein kedelai setiap hari sebagai bagian dari diet.

4. Smoothie Berry 

Buah beri adalah sumber antioksidan yang kaya dan dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkendali. Buah beri seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry sarat dengan antioksidan dan serat. 

Segenggam buah beri dengan susu rendah lemak yang dibuat menjadi smoothie setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol secara signifikan.

5. Susu Gandum

Terakhir, ada ausu gandum sangat efisien dalam menurunkan kadar kolesterol. Susu ini mengandung zat beta-glukan yang berinteraksi dengan garam empedu dan menciptakan lapisan seperti gel di usus. 

Lalu pada gilirannya, ini membantu mengurangi penyerapan kolesterol. Satu cangkir susu gandum menyediakan 1,3gm beta glukan. 

Semoga informasinya bermanfaat ya, Beauty!

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani